parenting

Efek Anak Lihat Proses Pemotongan Hewan Kurban Saat Idul Adha

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 10 Aug 2019 16:32 WIB
Efek Anak Lihat Proses Pemotongan Hewan Kurban Saat Idul Adha
Jakarta - Di Hari Raya Idul Adha, salah satu hal yang disukai sebagain besar anak adalah melihat hewan qurban, baik sapi atau kambing. Nah, beberapa anak juga antusias melihat proses pemotongan hewan kurban meskipun ada juga yang takut.

Ketika anak melihat proses pemotongan hewan kurban, apa sih efek yang bisa dia alami? Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Marcelina Melissa yang akrab disapa Lina, saat melihat proses pemotongan hewan kurban, anak bisa memenuhi rasa keingintahuan mereka karena suasana yang ramai dan pandangan orang yang tertuju pada titik tertentu.




"Anak juga bisa kaget melihat binatang yang kesakitan. Buat mereka kesakitan menimbulkan beberapa respons. Bukan enggak mungkin ada anak yang ingin menolong karena merasa binatang perlu ditolong," tutur Lina saat berbincang dengan HaiBunda.

Selain itu, bukan enggak mungkin juga ada anak yang bingung mengapa ada binatang yang kesakitan apalagi sampai berdarah tapi tidak ada orang yang menolong. Jangan salah, Bun, kebingungan juga bisa dialami anak lho karena ada nilai yang kontradiktif.

Kata Lina, di satu sisi anak diajari untuk menolong apabila melihat makhluk hidup yang kesakitan. Namun, saat itu yang mereka lihat adalah kebalikannya. Memang, kadang sebagian anak ada yang tak takut dan bersemangat banget menyaksikan proses pemotongan hewan kurban saat Idul Adha. Hmm, apa sebabnya?

"Anak yang menunjukkan ekspresi excited mungkin karena suasana gegap gempita dan ekspresi orang-orang yang mendapatkan daging kurban atau pada panitianya, mereka senang karena akhirnya menjalankan tugasnya. Jadi, di sini anak mempersepsikan emosi positif yang muncul karena reaksi orang sekitarnya juga," papar Lina.

Sebaliknya, pada anak yang takut, bisa jadi sebabnya karena dia melihat darah yang biasa dipersepsikan sebagai sesuatu yang mengerikan. Kemudian, binatang yang kesakitan sebagai sesuatu yang kurang nyaman untuk dilihatnya. Bila Bunda atau Ayah hendak mengajak anak menyaksikan proses pemotongan hewan kurban, kata Lina ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Ilustrasi hewan kurbanIlustrasi hewan kurban/ Foto: Dadang Hermansyah
1. Beri pemahaman mengenai makna hari Idul Adha dan mengapa ada pemotongan hewan kurban

2. Beri gambaran aktivitas yang nanti akan disaksikan. Orang tua, kata Lina, bisa memberikan gambar, video animasi, ataupun cerita.



3. Setelah anak mendapatkan info tersebut tanyakan padanya apakah dia ingin ikut menyaksikan proses pemotongan hewan kurban. Jika anak takut atau ragu-ragu, baiknya Bunda dan Ayah tak memaksanya ikut ya.

Bunda, lihat juga tips mengatasi anak yang takut berenang di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi