parenting

Bunda, Yuk Ajak Anak Melihat Hujan Meteor Perseid Malam Ini

Maya Sofia Selasa, 13 Aug 2019 20:40 WIB
Bunda, Yuk Ajak Anak Melihat Hujan Meteor Perseid Malam Ini
Jakarta - Bunda, sudah tahukah kalau malam ini akan ada hujan meteor Perseid? Fenomena alam ini bisa disaksikan oleh masyarakat di seluruh Indonesia lho.

"Puncak hujan meteor Perseid terjadi pada 12-13 Agustus, antara pukul 22.00-05.00 WIB. Dengan keberadaan bulan menjelang purnama, jumlah meteor ditaksir hanya belasan meteor per jam," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, dikutip dari detikcom.

Untuk diketahui, hujan meteor Perseid merupakan fenomena langit tahunan yang muncul di bulan Juli sampai Agustus. Peristiwa hujan meteor Perseid tahun ini berlangsung dari 17 Juli - 24 Agustus 2019, dengan puncaknya terjadi pada 12-13 Agustus.


Fenomena ini kerap dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle. Dinamakan Perseid karena karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.

Seru ya, Bun. Nah, kalau si kecil gemar dengan astronomi tak ada salahnya mengajak dia untuk menyaksikan bersama hujan meteor Perseid, dini hari nanti. Bunda dan keluarga bisa kok menyaksikan fenomena alam ini di pekarangan rumah.

[Gambas:Instagram]

Menariknya, hujan meteor perseid juga bisa diamati dengan mata telanjang. Artinya, Bunda dan keluarga tak perlu menggunakan teleskop.

Hanya saja pastikan tempat Bunda berada di lokasi minim cahaya ya. Mengutip akun Instagram @lapan_ri, jika Bunda dan keluarga beruntung, Bunda bisa melihat 50-75 meteor melintas langit malam ini.

Bunda juga bisa simak manfaat anak bermain bersama binatang dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]





(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi