parenting

Penyebab Anak Sering Batuk di Malam Hari

Asri Ediyati Sabtu, 10 Aug 2019 16:02 WIB
Penyebab Anak Sering Batuk di Malam Hari
Jakarta - Batuk adalah gejala dari suatu penyakit, seringkali menyangkut masalah organ pernapasan. Tentunya, batuk mengganggu aktivitas kita, apalagi bagi anak-anak ketika mereka sedang tidur. Nah, beberapa dari kita mungkin bertanya-tanya alasan anak sering batuk di malam hari.

Soal ini kata dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, kalau anak sering batuk di malam hari berarti anak mengalami alergi atau bisa juga asma. Hal ini karena terpapar udara dingin di malam hari.

"Bisa jadi alergi terhadap pada udara dingin, malam kan identik dengan dingin. Jadi jangan salah kalau menganggap, batuk sering terjadi di malam hari. Faktanya, lihat dahulu penyebab batuk itu apa," kata Edi kepada HaiBunda.

Menurut banyak orang tua menganggap anak sering mengalami batuk di malam. Kenyataannya enggak juga, Bun. Ada kok anak yang enggak batuk di malam hari. Jadi perlu diingat batuk di malam hari bisa jadi karena alergi dingin.
ilustrasi anak batuk/ ilustrasi anak batuk/ / Foto: iStock
Untuk itu, Edi menyarankan agar anak menghindari dingin bila terus-menerus batuk di malam hari. Hangatkan anak dengan selimut, atau balsam penghangat. Selain itu, hindari dahulu pemakaian AC, Bun. Kita juga bisa kenakan anak pakaian tidur yang hangat, berlengan panjang,


Jika anak mengalami pilek karena alergi dingin. Dikutip dari Health Engine, minuman panas juga merupakan pilihan yang baik karena uap panas yang dihasilkan juga bisa meredakan pilek. Bunda bisa memberikan sari jahe, teh lemon dan madu, dan kaldu (broth).

Simak juga video tentang obat herbal untuk penanganan flu pada anak.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi