parenting

Cara Jitu Tya Arifin Agar Dua Anaknya Nyaman Naik Pesawat

Asri Ediyati Selasa, 20 Aug 2019 19:00 WIB
Cara Jitu Tya Arifin Agar Dua Anaknya Nyaman Naik Pesawat
Jakarta - Membawa anak yang masih balita naik pesawat pastinya enggak mudah. Apalagi membawa dua anak, satu balita, satu lagi masih bayi. Soal ini aktris Tya Arifin punya cara sendiri.

Menantu Siti Nurhaliza itu membagikan caranya lewat kanal YouTube miliknya. Kala itu ia membawa dua anaknya, Arif dan Azzahra pulang ke Malaysia. Tya Arifin pun membagikan tipsnya itu sembari menggendong anaknya.

"Jadi Moms, tips yang pertama untuk traveling no nannies, pastikan bawa gendongan yang nyaman. Jadi baby tidur nyaman dan baik. Yang kedua harus kerja sama dengan suami, adik, siapa saja yang bisa menolong. Kalau bawa anak lebih dari satu, make sure anaknya yang satu sudah bisa behave," kata Tya Arifin.

Satu hal yang paling penting adalah harus sabar, sabar, dan sabar. Menurut Tya, karena anak bisa saja rewel, enggak nyaman, dan menangis dalam pesawat, jadi Bunda perlu sabar. Kita sebagai ibu juga perlu tebal muka karena semua mata orang-orang pasti akan tertuju pada kita

[Gambas:Instagram]

"Jangan segan minta pertolongan jika butuh. Berdoa semoga anak tidur sampai tujuan. Lalu, jangan menyerah untuk cari solusi, kalau anak menangis digendong, kalau masih menangis juga kita bagi susu (susui), kalau masih nangis kita bawa jalan-jalan," ujarnya.


Tya Arifin bilang, kita harus coba banyak cara untuk mendiamkan anak yang lagi menangis. Kemudian, pakaikan anak baju yang nyaman, kalau penerbangan malam pakaikan anak baju tidur.

"Ajak main anak, kita boleh gunakan (fasilitas) apa saja yang ada di airport, at least baby enggak bosan," tutur Tya Arifin.

Dalam pesawat, enggak lupa Tya Arifin pun memberikan minum pada anak sulungnya, Arif. Hal itu ia lakukan untuk mengurangi tekanan udara di telinga.

Sementara itu, menurut dr.Arifianto, Sp.A, bayi terkadang tiba-tiba menangis kencang ketika tekanan udara kabin meningkat saat pesawat akan mendarat. Tuba Eustachius, saluran yang menghubungkan saluran napas atas dengan bagian dalam telinga tengah, berupaya mengatur tekanan selama perbedaan ketinggian.

"Pada anak, bentuk saluran ini relatif lebih landai (dan akan meninggi seiring bertambahnya usia). Apabila bayi dan anak sedang pilek dan mengalami sumbatan lendir atau ingus, maka lebih mudah tertekan dan nyeri," ucap pria yang akrab disapa dr.Apin, dilansir Medium.

"Good luck yang travel dengan kids, emang agak sedikit ribet tapi don't worry and enjoy," sambung Tya Arifin.

Simak juga tips bawa anak naik pesawat ala Melaney Ricardo di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi