parenting

Pertolongan Pertama Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 25 Aug 2019 11:45 WIB
Pertolongan Pertama Bayi Jatuh dari Tempat Tidur
Jakarta - Saat tidur atau bermain, kadang bayi bisa jatuh dari tempat tidur. Kalau begini, bukan enggak mungkin panik Bunda dan Ayah alami. Lantas, apa pertolongan pertama yang mesti dilakukan?

Disampaikan dr.Gita Saraswati dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan, saat bayi jatuh dari tempat tidur perlu dilihat posisinya. Paling berbahaya jika jatuh dan membentur kepala, Bun. Tapi, jika setelah bayi jatuh mengalami hambatan bergerak, anggota tubuh sakit saat digerakkan, atau ada tanda memar, bengkak di daerah ekstremitas (anggota gerak), baiknya segera bawa bayi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Kalau ada yang bengkak biasanya kita rontgen, traumanya di jaringan sekitar otot atau di sekitar tulang," kata Gita, saat ngobrol dengan HaiBunda.


Kalau jatuh dan kepala bayi terbentur, yang perlu dilakukan orang tua adalah melakukan observasi selama 1x24 jam. Perhatikan tiga tanda yaitu menurunnya kesadaran di mana anak seperti mengantuk. Kemudian, dia mengalami deep sleep sampai susah dibangunkan, lalu muntah yang khas yaitu menyembur ke arah depan.

"Kalau bayi juga rewel karena dia belum bisa ngomong kan. Kalau anak di atas 1 tahun kan udah bisa menunjuk atau ngomong ya. Makanya lebih ngeri kalau bayi yang jatuh," tambah Gita.

Tiga tanda tersebut jadi gejala peningkatan intrakranial atau di dalam tengkorak. Sebabnya bisa karena peningkatan cairan hingga bengkak, memar, dan trauma. Atau, tekanan tersebut bisa karena ada perdarahan, sehingga volume otak bertambah.

Kalau ada salah satu, dua, atau tiga tanda tersebut dialami anak dalam 1x24 jam, segera bawa mereka ke IGD ya, Bun. Tapi, jika tak ada tiga tanda itu, umumnya tak ada masalah dengan anak. Meski kata Gita, enggak sedikit orang tua yang panik dan sebelum observasi sudah membawa bayinya ke IGD.

Pertolongan pertama bayi jatuh dari tempat tidurPertolongan pertama bayi jatuh dari tempat tidur/ Foto: iStock
"Kalau dibawa ke sini karena ada tiga tanda itu, biasanya bayi diminta MRI atau CT Scan kepala. Kalau hasilnya menunjukkan ada perdarahan atau bengkak, ya mesti dirawat karena sudah perlu masuk obat. Waktu 1x24 jam karena itu golden periode-nya ya. Misal saat observasi 1x24 jam aman, sebaiknya terus dipantau setelahnya," papar Gita.

Bunda, cara tepat memandikan bayi bisa disimak di video ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi