parenting

2 Cara Membuat Anak Semangat Sekolah

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 04 Sep 2019 17:30 WIB
2 Cara Membuat Anak Semangat Sekolah
Jakarta - Urusan sekolah kadang bisa bikin anak malas-malasan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Bunda juga Ayah melakukan beberapa cara untuk membuat anak semangat pergi ke sekolah, terutama mempersiapkan fisik dan psikisnya.

Disampaikan pakar gizi, Wahyu Kurnia Yusrin Putra S.Km, M.K.M, mempersiapkan fisik anak artinya memberi mereka asupan gizi seimbang dan sesuai kebutuhan. Asupan gizi yang dibutuhkan agar anak sehat dan kuat untuk siap sekolah mencakup karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin, serta mineral, yang penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal.

"Selain itu, diperlukan juga pola makan yang teratur dengan porsi yang seimbang dan ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi kebutuhan gizi anak," kata Wahyu dalam keterangan tertulis Dancow Fortigro yang diterima HaiBunda.


Selain mempersiapkan fisik anak, orang tua juga harus mempersiapkan semangat anak untuk siap sekolah, Bun. Psikolog, Alfath Hanifah Megawati, S.Psi., M.Psi yang akrab disapa Ega bilang anak yang bersemangat adalah anak yang terlibat sepenuhnya di aktivitas yang ia lakukan, baik secara fisik maupun mental. Lalu, apa lagi ciri-ciri anak yang bersemangat?

"Memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan, dan tidak mudah menyerah. Manfaat sekolah bisa diperoleh apabila anak memiliki semangat, dan
semangat dapat muncul apabila anak memiliki orang tua yang mendukung, berada dalam lingkungan sekolah yang nyaman, dan sehat secara fisik dan mental," papar Ega.

Dia menambahkan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mendorong semangat anak, seperti:
- Mengajak anak berbagi cerita
- Memberi anak kesempatan memilih kegiatan yang disukai
- Mengajak anak belajar sambil bermain
- Merayakan setiap keberhasilan anak.

2 cara membuat anak semangat pergi ke sekolah2 cara membuat anak semangat pergi ke sekolah/ Foto: iStock
"Masing-masing anak memiliki keunikan sendiri, karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak," pungkas Ega.

Bun, ternyata Shahnaz Haque enggan membiayai pendidikan S2 sang anak. Simak alasannya di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi