parenting

8 Ide Camilan Sehat untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Melly Febrida Rabu, 11 Sep 2019 06:59 WIB
8 Ide Camilan Sehat untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Jakarta - Di sore hari, anak-anak biasanya pengen ngemil. Daripada memberinya camilan nol gizi tinggi kalori, lebih baik pilih camilan sehat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Ahli gizi, Kim Larson mengatakan, kebanyakan anak-anak kelaparan setelah sekolah atau di sore hari, terutama jika sudah tiga atau empat jam sejak mereka makan. Nah, waktu ini bisa jadi kesempatan untuk menambah nutrisi anak.

Saat menyajikan camilan untuk anak-anak, lanjut Larson, sebaiknya jangan hanya menekankan betapa sehatnya makanan itu. Sebaliknya, beri penjelasan manfaat makanan-makanan tersebut.


"Perkuat fakta makanan sehat lezat dan mengenyangkan dengan berbagai bukti melalui cerita atau contoh nyata," ujar Larson.

Berikut beberapa ide camilan sore hari yang menyenangkan, kreatif, lezat dan kaya nutrisi yang akan disukai anak-anak mengutip Heraldnet:

1. Selai kacang yang dioles pada irisan apel atau seledri.

2. Popcorn atau campuran berbahan dasar sereal rendah gula dengan buah kering, kacang-kacangan, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan pala.

3. Wortel kecil dan mentimun yang dicelupkan ke hummus.

4. Buah segar yang sudah dipotong-potong

5. Puding buah.

6. Tortilla gandum yang diisi kacang dan sedikit keju. Gulung dan panggang di microwave selama 20 detik.

7. Buah segar dengan yogurt rendah lemak.

8. Milkshake yang terbuat dari 1 cangkir susu rendah lemak atau susu kedelai, 2 sendok selai kacang, 1 sendok teh madu, 2 sendok teh bubuk kakao, 1 pisang beku dan es segar.

ilustrasi camilan anakilustrasi camilan anak/ Foto: iStock
"Untuk anak-anak yang lebih besar dengan kebutuhan energi yang meningkat dari olahraga, tambahkan susu bubuk kering ke dalamnya," kata Larson memberi saran.

Sebagai orang tua, penting banget bagi kita memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang cukup. Sebab, kurang asupan gizi bisa menyebabkan stunting dan perkembangan kecerdasan otak anak terhambat.



Dr.dr. Damayanti Sjarif SpA(K) pernah mengatakan setidaknya menu makanan anak harus terdiri atas tiga gizi utama yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. "Kalau salah satu saja tidak ada, itu akan menghambat pertumbuhan anak," ujarnya.

Resep stik wortel renyah untuk camilan bisa Bunda lihat di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi