parenting

Cara Membuat Anak Batita Tak Melepeh Makanan

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 01 Sep 2019 14:32 WIB
Cara Membuat Anak Batita Tak Melepeh Makanan
Jakarta - Melepeh makanan umum dilakukan bayi. Tapi, di usia lebih dari satu tahun kadang ada anak yang masih suka melepeh makanan. Apa sebabnya dan gimana cara membuat anak berhenti melepeh makanannya?

Problem anak melepeh makanan salah satunya dialami sahabat HaiBunda bernama Dewi. Putra Dewi kini berusia 17 bulan dan masih sering melepeh makanannya. Menanggapi hal ini, dr.Herlina, Sp.A dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan mengatakan di usia 17 bulan, anak harusnya sudah diberi makanan dengan rasa.

Efek melepeh sendiri pun, kata wanita yang karib disapa Lina ini mulai hilang saat bayi berumur 6 bulan dan benar-benar hilang di usia 9 bulan. Jika di usia 1 tahun anak masih suka melepeh makanannya, berarti ada faktor lain seperti problem psikologi.


"Bisa jadi anak trauma, ada yang maksa dia pas makan. Atau, bisa juga anak lagi tumbuh gigi, lalu sariawan," ujar Lina saat berbincang dengan HaiBunda.

Jika anak melepeh karena sedang sariawan atau tumbuh gigi, perlu diatasi dulu keluhannya termasuk nyeri yang dirasa, Bun. Ketika anak trauma, orang tua perlu menciptakan memori baru pada anak bahwa proses makan menyenangkan.

Di usia 1 tahun, ketika anak sudah diberi makanan dengan rasa, bisa jadi melepeh makanan dilakukan karena makanan yang diberi tak ada rasanya. Atau sebaliknya, ketika anak terbiasa diberi makanan yang tak terlalu berasa, saat di kesempatan lain dia diberi makanan yang terlalu ada rasa, anak jadi enggak suka saat diberi makanan yang biasa Bunda buatkan.

"Ibaratnya kita kecolongan nih karena anak dikenalin makanan lain yang lebih enak buat dia karena berasa banget. Untuk anak di bawah 3 tahun sebetulnya anak punya persepsi di otak bahwa makanan dia ya itu aja," kata Lina.

Ilustrasi anak melepeh makananIlustrasi anak melepeh makanan/ Foto: Nurvita Indarini
Menurut dokter anak Mary L Gavin, mengenal rasa junk food yang cenderung lebih gurih memang bisa mengubah preferensi anak terhadap rasa. Alhasil, jika anak enggak suka makanan yang diberikan ototmatis dia akan melepehnya. Maka dari itu, penting banget bagi orang tua membentuk preferensi rasa anak dengan cara menyajikan makanan sehat sedini mungkin.

"Mungkin tak masalah jika sesekali anak makan junk food dengan porsi tak berlebihan. Tapi, jika anak terus-menerus minta permen, keripik, atau makanan lain yang mengandung nol kalori, katakan di rumah tak ada makanan seperti itu. Berarti, ibu juga tak boleh menyimpan makanan tersebut di rumah," papar Gavin dilansir Kids Health.

Bunda, intip resep camilan ala Jessica Iskandar agar anak mau makan di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi