parenting

Cara Nia Ramadhani Mengajari Anak agar Tidak Boros

Yuni Ayu Amida Sabtu, 14 Sep 2019 11:02 WIB
Cara Nia Ramadhani Mengajari Anak agar Tidak Boros
Jakarta - Setiap orang tua tentu punya cara masing-masing dalam mengajari anak-anak tetang bagaimana menggunakan uang. Sama halnya dengan bunda seleb Nia Ramadhani.

Meski hidup sangat berkecukupan, istri Ardi Bakrie ini tidak mudah memberikan uang pada anaknya. Bahkan tak hanya uang, pemain sinetron Bawang Merah Bawang Putih ini juga tidak mudah memberikan barang yang diinginkan sang anak.

"Jadi, aku enggak mau mengajarkan anak-anak aku gampang banget minta ini itu, atau minta uang," papar Nia, dikutip dariĀ detikcom.


Ia mengaku punya alasan tersendiri, Bun. Host program Ngopi Dara di Trans TV ini ingin anak-anaknya menghargai suatu kerja keras. Serta menghindari anaknya dari perilaku konsumtif.

"Jadi kalau dia mau minta lagi aku akan bilang, mama udah enggak punya uang. Dan dia percaya itu. Jadi itu membuat dia lebih bekerja keras untuk melakukan yang terbaik daripada minta lagi," tegas Nia.


Cara Nia Ramadhani Mengajari Anak agar Tidak BorosFoto: Instagram

Apa yang dilakukan Nia Ramadhani ini merupakan salah satu cara untuk mengajarkan anak tidak boros lho, Bun. Kata Made, business partner Allianz, orang tua mesti menanamkan prinsip 'beli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan' kepada anak. Jangan sampai lapar mata karena itu akan memunculkan perilaku konsumtif.

"Misalnya, anak-anak sudah dikasih uang oleh orang tuanya. Tiba-tiba ada iklan es krim yang lezat. Sebenarnya dia tidak butuh. Tapi dia ingin. Akhirnya anak itu beli es krim. Padahal uangnya dia butuhkan untuk keperluan transportasi," jelas Made.

Selain itu, cara lainnya bisa dengan menjelaskan apa saja keperluan mereka. Misalnya, keperluan sekolah seperti buku, pensil, tas, sepatu, dan seragam memang perlu dibeli.

Namun, bisa juga keinginan lain hanya karena ikut-ikutan teman, teman punya sepatu baru yang memang sedang tren, lalu si anak juga ingin padahal sepatunya masih bagus. Hal seperti inilah yang mesti anak pahami, Bun.

Simak pula video berikut, Bun.

[Gambas:Video 20detik]



(yun/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi