parenting

Alasan Nia Ramadhani Biarkan Putrinya Ikut Berbagai Les

Annisa Karnesyia Kamis, 05 Sep 2019 11:34 WIB
Alasan Nia Ramadhani Biarkan Putrinya Ikut Berbagai Les
Jakarta - Nia Ramadhani mulai mengenalkan berbagai kegiatan pada putri pertamanya Mikhayla Zalindra Bakrie (7). Salah satunya dengan menjadwalkan kegiatan les di luar waktu sekolah.

Hal ini diungkap Nia dalam acara Ngopi Dara' di Trans TV bersama Jessica Iskandar. Wanita 29 tahun itu mendaftarkan Mikha les dari hari Senin sampai Sabtu.

"Biasanya Mikha les apa saja? Di sekolah ada ekstra-ekstra lagi?" tanya Jessica.


"Mikha itu hari Senin ngaji, Selasa ada les pelajaran, Sabtu gymnastic," jawab Nia.

Di hari lainnya, Mikha mengikuti les piano dan berenang. Menurut istri Ardie Bakrie ini, sejak kecil anak-anak memang harus dibiasakan dengan berbagai kegiatan.

"Rabu ada les pelajaran, Kamis les piano, dia pianonya bagus juga. Terus ada les berenang di rumah, tapi gurunya dari sekolahan," ujar Nia.

Selama mengikuti berbagai les ini, Mikha enggak pernah protes, Bun. Sebab, sejak kecil dia sudah dibiasakan ikut berbagai macam kegiatan les.

"Karena dari kecil sudah banyak kegiatan. Dia sudah kebiasaan belajar," tutur Nia.

Nia Ramadhani bersama sang suami dan putrinyaNia Ramadhani bersama sang suami dan putrinya/ Foto: dok.Instagram/ramadhaniabakrie

Bagi Nia, les-les ini begitu penting untuk mengembangkan kemampuan anaknya. Misalnya, les mengaji yang tidak didapat Mikha di sekolah atau les gymnastic yang akhirnya mengantar sang anak berprestasi di Kompetisi Gymnastic Bangkok beberapa waktu lalu.

Sebelum mendaftarkan anak les seperti Nia Ramadhani, memang sebaiknya orang tua paham betul alasan dan tujuannya, Bun. Psikolog anak dan keluarga, Ajeng Raviando mengatakan, orang tua harus bisa menganalisis tujuan memberi kursus atau les pada anak. Kalau memang untuk mengembangkan kemampuannya, tentu sah-sah saja dilakukan.

"Memang sih perlu diasah kemampuan anak. Jadi balik lagi harus lihat manfaat dan tujuannya apa dari pemberian les tadi," kata Ajeng.

Selain itu, anak juga harus menjalaninya dengan senang hati dan bukan karena paksaan orang tua. Jika dipaksa, tentu ada dampak buruk untuk si anak.

"Ketika dipaksa ikut les ini dan itu, anak jadi enggak niat untuk les. Lama-lama anak bisa 'rontok' pertahanannya," ujar psikolog anak Dr.Rose Mini M.Psi.

Berbagai kegiatan bisa Bunda kenalkan pada si kecil, salah satunya balet. Simak manfaat balet untuk anak di video berikut ya.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi