sign up SIGN UP search


parenting

Prinsip Nycta Gina dan Suami dalam Mendidik Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 19 Sep 2019 12:30 WIB
Nycta Gina dan suaminya Rizky Kinos punya prinsip sendiri dalam mendidik kedua anaknya. caption
Jakarta - Nycta Gina dan Rizky Kinos telah dikaruniai dua anak, Panutan Adhya Semesta Trinycta dan Lembar Putih Trinycta. Dalam urusan pendidikan, Gina dan Kinos mengaku memberikan kebebasan anak-anaknya untuk belajar banyak hal.

Pasangan yang telah 4 tahun menikah ini hanya menekankan pentingnya pendidikan agama, Bun. Bagi mereka, hanya agama yang bisa membantu anak-anaknya berada di jalan yang lurus.

"Pokoknya kalau aku yang terpenting itu agama sih. Mereka harus tahu agamanya, jadi insya Allah jalannya bisa lurus ke depannya," kata Gina, dikutip dari InsertLive.


Gina dan Kinos juga tidak mau memaksakan kehendak ke anak. Namun, tetap mendampingi dan menuntun mereka.

"Lebih ke learning by doing tapi yang dituntun kali ya. Aku sih enggak mau yang kayak harus ini, harus itu," ujar Gina.

Nycta Gina bersama suami dan anak-anaknyaNycta Gina bersama suami dan anak-anaknya/ Foto: Instagram @missnyctagina

Memberikan kebebasan anak memilih bisa melatih tanggung jawab si kecil, Bun. Menurut psikolog anak, Ajeng Raviando, saat anak memilih yang mereka inginkan, artinya kita punya peluang mengajarkan tanggung jawab dan komitmen.

"Kalau mereka males atau apa, 'Kan kamu yang minta, Nak. Jadi kamu harus punya komitmen terhadap apa yang kamu lakukan'. Nah, di situ kita bisa mengajarkan anak soal apa tanggung jawab itu," kata Ajeng.

Penting juga untuk mendengarkan pendapat anak. Dikhawatirkan, jika hanya melakukan sesuatu demi membahagiakan orang tuanya, anak bisa enggak senang melakukan itu.

Selain belajar tanggung jawab, si kecil juga bisa belajar membuat keputusan. Mengutip Motherly, penting untuk orang tua mengajari anak kemampuan membuat keputusan sejak dini.

Saat si kecil diberi pilihan sederhana di kehidupan sehari-hari, dia bisa belajar mengelola keputusan. Apalagi, hidup itu ditentukan oleh pilihan yang kita buat.

Pada dasarnya bakat anak bisa Bunda kembangkan sejak dini. Simak cara mengenalinya di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!