menyusui

Cerita Nycta Gina Menyusui Anak Kedua dengan Penuh Tantangan

Ratih Wulan Pinandu Senin, 16 Sep 2019 05:57 WIB
Cerita Nycta Gina Menyusui Anak Kedua dengan Penuh Tantangan
Jakarta - Periode menyusui menjadi masa-masa tak terlupakan untuk seorang Bunda. Tak terkecuali dialami aktris dan presenter Nycta Gina. Bunda dua anak ini menceritakan pengalaman menyusui anak kedua yang penuh warna.

Sang putri, Lembar Putih Trinycta atau biasa disapa Uti kini sudah berusia 17 bulan dan sedang aktif-aktifnya. Pada awalnya, diakui Gina dia bisa menikmati momen-momen menyusui si kecil. Terlebih, saat anak menyusu Gina dan si kecil sambil menatap mata, dengan tangan mungil si kecil yang bergerak-gerak.

Tapi, saat anak beranjak besar proses menyusui jadi lebih menantang. Disebutkan Gina kalau cara menyusu sang anak jadi 'brutal', dari posisi rapi sambil tidur miring hingga naik ke atas tubuh ibunya.

[Gambas:Instagram]

"Dari posisi rapi sambil bobo miring sampe ibunya ditiban.. bisa akrobat ade uti diatas badan akuu, tangannya bkn cm ngelus2 ato tepok2 manjah aja tapi narik idung, nyolok mata, tarik2 bibir... aaah sudahlaah gpp selama obat luka dan obat sariawan masih di jual di pasaran," tulis Gina di Instagram miliknya.


Bunda juga sedang mengalami hal yang sama? He-he-he. Proses menyusui memang kadang terasa menyakitkan dan bisa membuat ibu stres. Tapi, hal-hal mengerikan itu bisa diubah jadi lebih menyenangkan, Bun.

Mengutip Parents, untuk menjaga pikiran tetap positif sebaiknya Bunda tetap fokus pada si kecil dan jauhkan kekhawatiran mengenai hal-hal yang enggak perlu. Singkirkan pikiran seperti rasa takut ASI tidak mencukupi kebutuhan si kecil.

"Tetaplah fokus pada dua hal. Bayi mengisap dan kotoran yang dihasilkan. Anggap saja seperti yang dilakukan pada mesin popcorn. Tak ingin ada jeda berlama-lama dan selalu menyusu terus menerus," ujar Maya Bunik M.D, professor of pediatrics dari University of Colorado School of Medicine.

Selain itu, Bunda juga sebaiknya mengabaikan ukuran payudara Bunda. Payudara kecil bukan berarti sedikit menghasilkan ASI. Ada juga lho payudara berukuran besar, tapi produksi ASI-nya tak selancar bunda dengan payudara kecil.

"Sebagian besar ibu menyusui mampu menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya, tidak peduli seberapa ukuran payudaranya," kata Deedee Franke R.N, konsultan laktasi di Merci Medical Center di Baltimore.

Simak juga cara menyendawakan bayi setelah menyusui dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi