parenting

Ucapan Positif Orang Tua untuk Ajak Anak Selalu Berbuat Baik

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 27 Sep 2019 17:24 WIB
Ucapan Positif Orang Tua untuk Ajak Anak Selalu Berbuat Baik
Jakarta - Membiasakan anak berbuat baik memang harus dilakukan sedini mungkin. Bunda dapat mencontohkan melalui perilaku nyata, agar menempel dalam karakter mereka sehari-hari.

Selain memberi contoh langsung, sebaiknya dibarengi dengan perkataan yang positif. Sehingga alam bawah sadar anak-anak tergerak untuk ikut berbuat baik setiap hari.

Untuk melihat hasilnya, Bunda memang harus bersabar. Melatih hal-hal positif membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Biasakan juga untuk tidak berteriak dan berbicara negatif di depan anak-anak. Jangan jadikan beban, karena lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan menyenangkan.


Membangun kebiasaan anak-anak agar berbuat baik, pakar parenting, Dr Laura Markham menyarankan untuk senantiasa meningkatkan interaksi positif dengan anak-anak, seperti dikutip dari laman Motherly.

Ucapan Positif Orang Tua untuk Ajak Anak Selalu Berbuat BaikUcapan ortu agar anak berbuat baik/ Foto: iStock

Salah satunya dengan melakukan evaluasi. Dalam hal ini, Bunda dapat memberikan apresiasi pada aktivitas yang dilakukan anak-anak. Misalnya, "Wah gambarmu luar biasa. Aku melihat banyak warna biru di sini. Coba Ceritakan tentang lukisan ini."

Usahakan untuk fokus pada proses yang dilakukan anak-anak. Orang tua juga harus mengapresiasi setiap usaha yang dilakukan anak. Hal ini akan membuat mereka lebih termotivasi berbuat kebaikan.

Kemudian, Bunda juga perlu menghindari untuk membandingkan antara anak yang satu dengan lainnya atau dibandingkan dengan temannya. Bunda dapat langsung memberikan apresiasi atas aktivitas kebaikannya, tanpa perlu membandingkan dengan pihak lain.

Melansir The List, melayangkan kalimat positif setiap hari pada anak juga dapat membuat perbedaan dalam perkembangan anak. Misalnya saja, Bunda dapat mengatakan kalimat sederhana seperti "Apa kabar?". Kalimat sederhana dalam bentuk pertanyaan ini, akan menjadi pembuka pintu bagi percakapan pada anak. Selain itu, pertanyaan ini juga akan membantu mengidentifikasi keinginan mereka sendiri dan membagikan emosi mereka.

Bunda juga dapat melayangkan kalimat positif seperti "Kamu sangat baik hati". Terkadang, anak-anak perlu mendapatkan pengakuan atas perilaku baiknya. Memberi tahu seorang anak bahwa mereka baik hati, menjadi cara ampuh untuk membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat secara emosional. Serta mendorong anak-anak untuk baik pada diri mereka sendiri, dimana akan menghasilkan sikap kebaikan kepada orang lain.

Oh ya, Bunda juga dapat mengatakan "Terima kasih" pada anak sebagai bentuk penghormatan pada anak. Sebab, penting sekali membuat model perilaku untuk anak-anak. Dan cara terbaik untuk membuat mereka mengatakan kata-kata tersebut yakni dengan melayangkan kata-kata tersebut dengan benar.

Semoga membantu, Bun.

Bunda, Tantri 'Kotak' curhat kebingungan mengatasi sibling rivalry nih, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi