parenting

3 Ciri Fisik Anak Gizi Buruk, Bunda Wajib Banget Tahu

Zika Zakiya Selasa, 01 Oct 2019 17:40 WIB
3 Ciri Fisik Anak Gizi Buruk, Bunda Wajib Banget Tahu
Jakarta - Bunda mana yang tidak ingin anaknya sehat? Wajar kok jika kemudian Bunda 'menghujani' si kecil dengan makanan bergizi agar tidak terkena gizi buruk.

Apa sih gizi buruk itu? Gizi buruk adalah kondisi di mana anak mengalami tinggi dan berat badan jauh di bawah rata-rata. Menurut dr.Diana Suganda M.Kes anak dengan gizi buruk bisa dilihat dari tampilan fisiknya.

Ketiga ciri fisik anak dengan gizi buruk antara lain;

1. Tulang terlihat


Jika memang sudah masuk ke dalam kondisi gizi buruk, tulang di dalam bagian tubuhnya akan terlihat.

"Bukan hanya kurus, tapi tulang-tulangnya tuh sudah terlihat jelas. Tergantung jenis gizi buruknya, tapi ada yang jatuhnya ke perutnya buncit. Bila dihitung berat, dia cukup berat tapi hanya pembengkakan," kata Diana seperti ditayangkan dalam program Dr.Oz Indonesia di Trans TV.

Ilustrasi anak gizi burukIlustrasi anak gizi buruk/ Foto: Zulkipli Natsir


2. Rambut rontok dan berwarna kuning

3. Kulit bersisik

Apabila Bunda masih ragu dengan kondisi anak, maka sudah saatnya mencari bantuan. Biasanya bantuan terdekat dalam wujud Posyandu dan PAUD.

Bunda akan diberikan Kartu Menuju Sehat (KMS) sehingga bisa memantau tumbuh kembang si kecil. Dikatakan dr.Frederico Patria,Sp.OG, anak yang mengalami tumbuh kurang sehat akan terlihat dari berat badan yang tidak naik atau turun.

"Garis di KMS turun, datar, atau pindah ke pita warna di bawahnya (dan) garis KMS di bawah garis merah," tulis Frederico dalam bukunya Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal.

Penjelasan lengkap anak dengan gizi buruk bisa Bunda simak di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi