parenting

Agar Anak Nurut, Coba Lakukan 5 Hal Ini Bunda

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 05 Oct 2019 11:02 WIB
Agar Anak Nurut, Coba Lakukan 5 Hal Ini Bunda
Jakarta - Pola asuh yang diterapkan pada anak berpengaruh pada tingkah lakunya. Salah satunya anak bisa jadi penurut atau sebaliknya, selalu membangkang.

Disampaikan pakar edukasi Dr.Rosetta Williams, orang tua perlu tahu bahwa anak-anak menjalani tahapan yang berbeda dalam hidup mereka. Ingat juga bahwa anak kita unik, berbeda dengan anak lain. Makanya, perlu banget orang tua menyesuaikan gaya pengasuhannya dengan kebutuhan anak.

"Orang tua memainkan peran kunci dalam perkembangan anak. Seiring waktu, anak-anak belajar nilai-nilai sosial dan moralitas dari orang tua, karena itu orang tua bertanggung jawab atas keberhasilan anak-anaknya," kata Williams melansir dari Medium.


Namun, tetap saja dalam praktiknya, seringkali ibu merasa kerepotan atau rempong ketika mengajarkan anak-anaknya agar menurut. Dikutip dari Kids Health, berikut ini 6 cara yang bisa dilakukan saat mengasuh anak, agar anak nurut pada orang tuanya.

1. Hargai anak

Bangun harga diri anak sejak kecil. Misalnya dengan cara memberi apresiasi pada pencapaian dia sekecil apapun. Jika anak berbuat kesalahan, boleh menegurnya tapi jangan langsung dihardik ya, Bun. Sampaikan pada anak mengapa yang dia lakukan enggak tepat. Dengan begini, anak bisa belajar dia harus menghindari kesalahan dan bisa menjadi orang yang baik.

2. Tetapkan batasan dan konsisten

Dua hal ini merupakan kunci menanamkan disiplin pada anak. Dengan bersikap konsisten, anak akan paham apa ekspektasi orang tuanya dan dia bisa lebih mengontrol diri.

3. Luangkan waktu untuk anak

Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk anak. Meski sebentar, asal Bunda dan Ayah bisa punya waktu berkualitas dengan anak. Seperti apa? Saat dengan anak, orang tua benar-benar hadir dan fokus pada si kecil. Dengan begini, anak merasa lebih aman dan dia cenderung enggak akan banyak berulah hanya demi mendapat perhatian orang tuanya.

Ilustrasi anak nurutIlustrasi anak nurut/ Foto: iStock
4. Jadi role model

Anak-anak adalah peniru ulung. Jadi, dia akan mencontoh apa yang Bunda lakukan. Makanya, jika ingin anak bersikap baik, Bunda juga mesti mencontohkan anak. Sebab, anak akan berpikir orang tuanya meminta dia melakukan sesuatu sedangkan orang tuanya sendiri tak melakukan itu.

5. Tunjukkan cinta tanpa batas tapi tegas

Buat anak merasa dicintai dengan adanya pujian dan bantuan ketika mereka memang membutuhkannya. Ketika anak berperilaku buruk, orang tua pastinya harus meluruskan mereka. Tapi, hindari memarahinya sehingga anak mendapat kesan yang positif dan dia lebih menghargai orang tuanya.



6. Jangan egois

Akui bahwa Bunda dan Ayah adalah orang tua yang tak sempurna. Apalagi, menjadi orang tua adalah proses belajar terus-menerus. Ketika Bunda dan Ayah terlalu perfeksionis tapi nyatanya enggak bisa mencapai hal itu, justru stres dan frustasi yang dirasa dan ini tak baik buat perkembangan anak.

Boleh enggak sih batita makan pakai tangan? Simak penjelasannya di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi