parenting

Dear Ruben Onsu, Ada Pesan Haru dari Ortu Kandung Betrand Peto

Annisa Karnesyia Minggu, 06 Oct 2019 17:40 WIB
Dear Ruben Onsu, Ada Pesan Haru dari Ortu Kandung Betrand Peto
Jakarta - Ruben Onsu dan Sarwendah resmi mengangkat Betrand Petro sebagai anak dan menambahkan nama 'Putra Onsu' dibelakang namanya. Pada Sabtu (5/10/19), Betrand menjalankan prosesi adat pengangkatan di kampung halamannya Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diangkatnya Betrand turut meninggalkan haru bagi orang tua kandungnya, Ferdy Peto dan Karolina. Selama menjalankan prosesi adat, baik Betrand dan kedua orang tuanya tidak bisa menahan air mata, Bunda.

"(Prosesi) adat yang dijalankan untuk mengikat Betrand, secara roh dan badan masih anak kami. Hanya karena bakat dan cita-citanya, keluarga Pak Ruben Onsu orang yang pas membantu anak kami," kata Ferdy dalam channel YouTube Media Onsu Perkasa (MOP).


Ibunda Betrand juga tidak bisa menyembunyikan kesedihannya. Ia tampak menangis ketika diwawancarai.

"Saya sedih, bagaimanapun saya seorang ibu. Saya sedih ketika jauh dengan anak," ujar Karolina.

Karolina menitipkan pesan untuk Ruben dan Sarwendah, Bunda. Ia berharap sang anak bisa disayangi dan diarahkan untuk menggapai mimpinya.

"Secara pribadi tidak keberatan. Saya lihat rasa cinta Ruben dan Sarwendah besar sekali sama Betrand. Pesan semoga keduanya bisa mendidik Betrand seperti orang tua kandung, dan mendidik sesuai dengan iman dan agama Betrand," tuturnya.

Betrand Peto bersama kaluarga Ruben OnsuBetrand Peto bersama kaluarga Ruben Onsu/ Foto: Instagram

Memang tidak mudah apa yang dijalani Betrand, orang tua kandung, serta Ruben dan Sarwendah. Menurut psikolog Efnie Indrianie, M.Psi, mengangkat anak memang bukan perkara mudah. Jika seandainya orang tua kandung anak masih ada, harus ada kesepakatan dan komitmen bersama.

"Kalau bisa buat dalam bentuk tertulis," kata Efnie, dilansir detikcom.

Maria Conter, founder Wildflower Liberty League juga mengatakan, mengadopsi pasti memberikan konsekuensi. Entah itu baik atau buruk, pasti akan mengubah anak yang diadopsi.

"Ketika mulai mengadopsi, kita harus tahu yang terbaik untuk anak angkat dan keluarganya. Menjadi bagian hidup dari anak itu adalah jalan bahagia yang kita pilih," tegas Conter, mengutip Motherly.

Simak cerita lengkap Ruben Onsu tentang anak angkatnya Betrand, di video berikut ya, Bunda:

[Gambas:Video 20detik]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi