sign up SIGN UP search

parenting

Kata-kata Bijak Orang Tua untuk Menenangkan Anak Rewel

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 15 Oct 2019 10:40 WIB
Kata-kata bijak orang tua dapat menenangkan anak saat rewel, apalagi jika kejadiannya di tempat umum. caption
Jakarta - Mood anak-anak memang susah ditebak. Sebentar senang, eh beberapa menit kemudian anak menangis menjerit-jerit. Kalau sudah rewel gini suka bikin emosi ya, Bun, menghadapinya.

Menghadapi anak rewel, sebaiknya tak lantas memarahi atau mengancamnya. Hal tersebut bukan solusi ampuh untuk meredakan amarah anak-anak.

Menjaga emosi tetap tenang, sangat membantu menenangkan anak-anak yang rewel. Terutama saat berada di tempat umum, agar mereka tidak semakin sulit dikendalikan.


Menurut L.Alan Sroufe, profesor dari University of Minnesota's Institute of Child Development, mengancam anak bahkan dengan cara yang kelihatannya ringan sekalipun dapat mengguncang kenyamanan anak-anak, Bun.

"Ketika Bunda mengatakan seperti 'Saya akan meninggalkan kamu di sini', hal tersebut akan membuka kemungkinan bahwa Bunda tidak akan berada di sana untuk melindungi dan merawatnya. Bagi seorang anak, pemikiran bahwa Bunda akan meninggalkan mereka sendirian di tempat aneh akan menakutkan dan mengikis keterikatan mereka dengan Bunda," ujar Sroufe seperti dikutip dari The Atlantic.

Kata-kata Bijak Orang Tua untuk Menenangkan Anak RewelKata-kata bijak orang tua untuk menenangkan anak rewel/ Foto: iStock

Agar pesan lebih sampai ke anak-anak, Bunda dapat menanggapi amarah mereka dengan 'Aku Pergi' dan cobalah menjelaskan situasinya kepada anak-anak secara sederhana atau setidaknya menunggu air mata mereka perlahan menghilang.

Melansir Tired Mom Super Mom, beberapa kata lembut juga bisa dikatakan pada anak-anak ketika mereka rewel akut. Misalnya saja 'Bunda mendengarkan kamu'. Kalimat ini akan bekerja karena anak-anak merasa terhubung langsung dengan Bunda. Sebab, terkadang anak-anak hanya perlu membicarakan permasalahan dan mereka mungkin tidak memerlukan bimbingan lebih lanjut.

Kalimat lain yang bisa diutarakan juga diantaranya 'Bunda di sini untukmu'. Perkataan ini sangat efektif karena dapat memberitahu anak bahwa Bunda memberikan dukungan untuknya.

Selain itu, kalimat seperti 'I love You' juga dapat menjadi kalimat sederhana yang memberitahukan bahwa anak-anak berada di tempat yang aman yakni bersama orangtuanya.

Serta, Bunda juga dapat mengatakan 'Jika kamu ingin sendiri, itu tidak masalah. Bunda akan ada di sini saat kamu siap berbicara'. Biasanya kalimat ini cukup efektif menenangkan anak karena dalam kerewelannya mereka kerap tidak mendengarkan perkataan Bunda. Untuk itu, biarkan mereka menyelesaikan permasalahannya dan Bunda tetap berada untuknya saat mereka siap berbicara dengan Bunda.

Semoga membantu, Bun.

Bunda, simak nih alasan kenapa enggak boleh memarahi anak di depan umum.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!