menyusui

Haru dan Sedih! Cerita Chelsea Olivia & Sabai Dieter Menyapih Anak

Maya Sofia Senin, 23 Sep 2019 11:41 WIB
Haru dan Sedih! Cerita Chelsea Olivia & Sabai Dieter Menyapih Anak
Jakarta - Bagi bunda-bunda yang sudah pernah menyapih anak pasti sudah tahu betapa berat perjuangannya. Menyapih tak hanya menguras emosi, tapi juga fisik seorang ibu.

Hal ini dirasakan betul oleh artis, Chelsea Olivia. Saat usia sang putri semata wayang, Nastusha Olivia Alinskie memasuki dua tahun, Chelsea sudah melihat tanda-tanda bahwa anaknya tersebut sudah siap disapih, Bun.

"Pada tanggal 20 Agustus malam ketika saya mau menidurkan Nastusha, dia resah dan gigit nenen terus-menerus," ujar Chelsea dikutip dari akun Instagram @chelseaoliviaa.


Akhirnya perempuan berusia 27 tahun ini membulatkan tekad untuk menyapih Nastusha malam itu juga. Sudah bisa ditebak, Nastusha langsung merengek.

Chelsea bergeming. Pelan-pelan ia mengatakan hal ini kepada Nastusha,"Hey, Nastusha itu sudah besar. Sudah enggak butuh lagi nenen mami. Besok minum susu di gelas ya."

Sayangnya, ucapan itu tak lantas menyurutkan tangisan Nastusha. Selama 45 menit, ia masih saja rewel sebelum akhirnya terlelap di gendongan Chelsea.

"Selama nangis, saya coba menawarkan air minum biar enggak haus," ujar pemilik nama lengkap Chelsea Olivia Wijaya ini.

Dari usia Nastusha 1,5 tahun, Chelsea sebetulnya sudah berterus terang kepada sang putri bahwa saat berusia dua tahun nanti, ia tak lagi butuh menyusu dan mulai minum susu di gelas. Hal ini dilakukan karena istri Glenn Alinskie tersebut tak mau menyapih anak dengan cara berbohong.

Cara berbohong yang dimaksud Chelsea adalah mewarnai puting dengan lipstik, mengolesi puting dengan yang pahit-pahit, pura-pura sakit, hingga menitipkan anak ke kakek atau neneknya.

"Menurut saya menyapih harus nyaman dan tidak boleh ada tekanan buat anak. Walaupun tiap ibu pasti ada keputusan lain-lain ya. Ini menurutku," tuturnya.

Beruntung, Nastusha sangat kooperatif saat proses menyapih. Di hari kedua, ia hanya memandang payudara sang bunda sambil mengatakan,"Mami, Nastusha mau nenen sedikit saja, Boleh?"

Lalu di hari ketiga, akhirnya Nastusha berhenti menyusu, Bun. Ia bahkan melakukan hal yang tak terduga, yakni mencium payudara Chelsea.

"Dia kiss nenen saya terus bilang,'Terima kasih nenen. Bye bye.' Nah di sini saya mulai enggak tega terharu. Campur aduk perasaannya dan ikutan nangis," cerita Chelsea.

Kepada bunda-bunda yang masih menyusui, Chelsea pun mengingatkan untuk menyusui dengan enjoy dan bahagia. Sebab ketika sudah proses menyapih, pasti akan ada rasa berat bagi sang bunda.

"Percayalah, menyusui itu indah."

Dalam proses menyapih Nastusha, Chelsea juga menuturkan bahwa ia mendapat dukungan penuh dari keluarga di rumah, termasuk sang suami. Glenn lah yang membantu Chelsea melewati masa-masa sulit saat menyapih Nastusha.

Apalagi di hari ke-2 dan ke-3 menyapih, Chelsea ternyata sempat merasa sangat sedih. Saking sedihnya, ia sampai mengutarakan keinginan untuk menyusui Nastusha lagi pada sang suami.

Mendengar penuturan Chelsea, Glenn langsung tak setuju. Ia justru berusaha meneguhkan hati sang istri.

"Dia support saya dan bilang,'Kasihan aku (Chelsea) dan Nastusha sudah 2-3 malam berlalu. Kalau dikasih lagi, kalian harus mengulang dari awal,'" tutur Chelsea.

[Gambas:Instagram]


Lain lagi dengan pengalaman menyapih anak dari artis Sabai Dieter Morscheck dan sang suami Ringgo Agus, Bun. Tak banyak 'drama' saat proses menyapih, sang putra, ‎Bjorka Dieter Morscheck.

Bjorka yang mempunyai istilah sendiri dari menyusu, yakni 'dudu' ini hanya sekali saja menangis hebat.

"Drama nangis kejernya juga cuma sekali sambil nangis, sambil dipeluk terus sama Bojo (Sabai)," ujar Ringgo dalam akun Instagram @ringgoagus.

[Gambas:Instagram]


Jika biasanya bunda yang tak tega menyapih anak, justru kali ini Ringgo lah yang merasa demikian. Apalagi saat mendengar Bjorka mengatakan,"Dikit boweh mama."

"Dan Bojo tetap enggak ngasih. Huaaaa. Anak yang keren," ucap Ringgo memuji sang anak.

Saat akhirnya Bjorka berhenti menyusu, sedih campur bangga dirasakan Sabai dan Ringgo. Khusus Ringgo, ia masih tak percaya putranya sudah lulus menyapih.

Ringgo masih ingat benar momen-momen saat Bjorka minta menyusu pada sang bunda. Menurutnya, itu adalah proses yang selalu lucu untuk dilihat.

"Omongan-omongannya,'Ka mau dudu mama.' Atau teriakan,'Mama...Duduuu,' yang biasa saya dengar tiap hari sudah enggak ada lagi," ujar Ringgo.

Jadi ikut mellow nih, Bunda, mendengar cerita proses menyapih anak dari Chelsea dan Sabai. Apakah Bunda juga pernah merasakan hal yang sama? Tulis di kolom komentar ya, Bun.

Oiya perlu diingat bahwa dalam menyapih yang terpenting adalah menyiapkan tim sukses ya, Bun. "Anggota keluarga termasuk ART-nya harus satu visi nih, 'Saya mau menyapih, satu bulan sebelum dua tahun semuanya perlu tahu'. Jangan sampai ibunya mau nyapih, Bapaknya malah, 'Itu tuh susuin anaknya'. Berarti kan enggak satu visi," kata dr.Ameetha Drupadi, ICBLC.

Bunda juga bisa simak tips menyapih dari mama seleb dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi