parenting

5 Respons Tepat Saat Anak Melihat Orang Tua Bercinta

Melly Febrida Jumat, 11 Oct 2019 15:21 WIB
5 Respons Tepat Saat Anak Melihat Orang Tua Bercinta 5 Respons Tepat Saat Anak Melihat Orang Tua Bercinta/ Foto: iStock
Jakarta - Salah satu hal yang dikhawatirkan para orang tua saat berhubungan intim adalah gimana kalau ketahuan sama anak? Bunda pernah khawatir soal hal itu? Biasanya sih panik ya, Bun, he-he-he.

Sex Educator Deborah Roffman menyarankan, hal pertama yang Bunda lakukan adalah tetap tenang. "Respons yang tenang adalah kunci untuk meredakan situasi yang canggung klasik ini," kata Roffman mengutip Fatherly.

Roffman bilang, kalau Ayah dan Bunda tak bersikap tenang, yang terjadi malah mengatakan sesuatu yang tak masuk akal. Kalau orang tua 'tertangkap' setengah berbusana, usahakan bahasa tubuh Ayah dan Bunda tak mengirim sinyal yang mencurigakan.


Ketika kepergok anak saat Bunda dan Ayah berhubungan seks, lakukan lima langkah ini:

1. Segera berpakaian dan kendalikan situasi

Bunda tentunya terkejut dengan kehadiran si kecil. Tapi, kalau Bunda tak berusaha tenang, anak ikut-ikutan cemas dan mengira ada sesuatu buruk terjadi.

Selain itu, Roffman mengatakan cobalah mengatur nada suara dan jelaskan alasan reaksi awal yang Ayah Bunda perlihatkan ke anak. "Katakan,' Kami benar-benar kaget melihatmu di sana. Kami pikir kami sendirian, dan reaksi kami mungkin membuatmu terkejut," saran Roffman.

2. Menilai emosi anak

Roffman mengatakan, Bunda sebaiknya mencari tahu apa yang membuat anak masuk ke kamar. Apakah ketakutan setelah mimpi buruk atau karena hal lain. Apapun masalahnya, cobalah membaca emosi anak. Anak mungkin bingung, takut, atau hanya merasa aneh.

3. Tenangkan diri

5 Respons Tepat Saat Anak Melihat Orang Tua Bercinta5 Respons Tepat Saat Anak Melihat Orang Tua Bercinta/ Foto: iStock
Apabila Bunda melihat wajah anak ketakutan, Roffman mengatakan mintalah anak menghampiri Bunda di ranjang untuk mendapat pelukan. Kalau Bunda merasa tak nyaman untuk memeluknya, berbicara sejenak untuk meminta waktu buat memakai baju.

"Anda bisa meminta anak untuk ke kamar mereka dan mengatakan Anda akan berada di sana dalam 30 detik," katanya.

4. Memilih kata yang tepat

Ketika berhadapan dengan situasi yang canggung, Bunda bisa memilih kata-kata yang tepat. Namun, keberhasilan Bunda tergantung usia anak. Seorang anak usia 6 tahun lebih paham tentang privasi ketimbang anak berusia 4 tahun.

"Hal pertama yang orang tua bisa katakan adalah mereka juga memiliki waktu pribadi berdua seperti jika ibu dengan anak, atau saat ayah dan anak jalan-jalan," kata Roffman.

5. Jangan berbohong

Roffman bilang berbohong tak akan memberikan apa-apa selain anak jadi sulit percaya ke orang tuanya.

Tentang privasi, ahli parenting Dr.Justin Coulson mengatakan sebaiknya orang tua mengingatkan anak-anak agar mereka mengetuk pintu kamar ketika ditutup. Ini juga akan mengajarkan mereka nilai sopan santun.

"Biasakan anak mengetuk kamar siapapun untuk meminta izin. Orang tua juga perlu begitu, membiasakan diri mengetuk pintu kamar anak supaya mereka mengerti artinya privasi," ujar Coulson mengutip Kidspot.

Simak juga cerita Zara Leola yang pernah bikin ibunya menangis di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi