parenting

Miris, Curhat Ibu yang Anaknya Tak Sengaja Telan Koin

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 11 Oct 2019 14:41 WIB
Miris, Curhat Ibu yang Anaknya Tak Sengaja Telan Koin
Jakarta - Saat anak bermain memang orang tua mesti mengawasinya. Baru-baru ini, seorang ibu berbagi cerita kalau anak perempuannya tak sengaja menelan koin sampai masuk ke tenggorokan dan mesti menjalani operasi.

Di unggahan Facebook-nya, ibu bernama Munadiroh yang berdomisili di Jawa Timur itu ada foto si anak gadis yang terbaring di tempat tidur RS. Si anak, kata Munadiroh, perlu menjalani operasi kecil.

Munadiroh bilang sekadar memberi info untuk orang tua lain agar kejadian pada putrinya tak terulang. Dia mengimbau para orang tua berhati-hati jangan beri anak-anak koin atau uang receh. Soalnya, tanpa disengaja putrinya menelannya.


"Akhirnya dilarikan ke RS Adi Husada Kapasari namun di sana kami ditolak karena alatnya tak ada. Namun pihak RS menyarankan agar ke RSUD Dr Soetomo dan akhirnya dokter memutuskan agar dioperasi kecil karena tidak ada jalan lain," papar Munadiroh.

Selama sang anak dioperasi, Munadiroh mengaku hanya bisa berdoa dan berharap keajaiban. Beberapa saat kemudian, dia mendapat kabar operasi si kecil berjalan lancar dan anaknya selamat. Munadiroh bersyukur terlebih dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dia tak keluar biaya sepeserpun. Bila tak pakai KIS, biayanya kata Munadiroh bisa mencapai Rp10 juta.

Duh, jangan sampai ya, Bun, anak-anak kita mengalami insiden seperti ini yang bisa fatal untuk si kecil. Dokter kegawatdaruratan John P Cunha mengatakan ketika anak terutama balita tak sengaja menelan koin, tepuk punggungnya sebagai upaya mendorong koin keluar. Ini dilakukan supaya koin tidak masuk ke tenggorokan.



"Ketika koin masuk ke tenggorokan, saluran napas bisa tersumbat, anak tak mendapat oksigen dan ini bisa mengancam nyawa anak. Maka dari itu, bila koin tak kunjung keluar, baiknya bawa anak ke IGD," tutur Cunha dilansir Emedicine Health.

Bila benda ini sudah bisa dikeluarkan dan hanya membuat trauma minor di tenggorokan dan esofagus, biasanya dokter hanya meminta pasien untuk lebih banyak minum dan makan makanan tertentu. Tapi, bila benda ini tersangkut di kerongkongan, akan diberi semprotan anastesi lokal supaya pengambilan koin lebih mudah dan tak menyakitkan.

"Jika benda seperti koin ini terlihat ada di sekitar kotak suara saat dilakukan CT Scan, prosedur operasi harus segera dilakukan," kata Cunha.

Simak juga pertolongan pertama anak tersedak di video ini, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi