parenting

Pendidikan Seks untuk Anak: Hindari Tidur Tengkurap, Ini Alasannya

Melly Febrida Kamis, 10 Oct 2019 15:22 WIB
Pendidikan Seks untuk Anak: Hindari Tidur Tengkurap, Ini Alasannya
Jakarta - Posisi tidur yang benar ternyata bisa jadi salah satu pendidikan seks untuk anak. Dengan memperhatikan posisi tidur anak, orang tua bisa mengajarkan anak terhindar dari penyelewengan seksual. Misalnya, posisi tidur tengkurap malah rawan membuat anak terangsang.

Dr.Hasan El-Qudsy, dosen di UIN Sunan Kalijaga, UMS, UMY, dan IAIN Surakarta, dalam bukunya Ketika Anak Bertanya tentang Seks, posisi tidur miring ke kanan mencegah seseorang mengalami rangsangan syahwat.

"Hukumnya makruh tidur dengan posisi tengkurap," katanya.


Hasan menjelaskan, ketika anak tidur dalam posisi tengkurap, alat vitalnya akan bergesekan dengan kasur dan akan merasakan sesuatu yang nikmat. Kalau rasa nikmat itu diikuti terus, tidak tertutup kemungkinan terjadi onani atau masturbasi.

"Dengan alasan inilah dan alasan kesehatan lainnya, tidur tengkurap tidak disenangi Rasulullah SAW," tulisnya.

ilustrasi pendidikan seksilustrasi pendidikan seks/ Foto: Istock
Berbicara tentang masturbasi, ini sebenarnya aktivitas seksual yang dilakukan seorang diri untuk memperoleh kepuasan seksual. Dari segi kesehatan, para ahli sebetulnya tidak melarang masturbasi selama dilakukan secara higienis dan wajar.

Artinya, masturbasi tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Meskipun, semua kembali ke nilai yang dianut keluarga masing-masing.

Ketika pria yang belum menikah tak melakukan masturbasi, cairan mani akan menumpuk di testis. Saat testis sudah penuh, terjadilah mimpi basah untuk mengeluarkan cairan mani. Kondisi ini dalam dunia medis disebut emisi nokturnal, demikian mengutip detikcom.

Simak juga cara mengajari anak salat dan mengaji di video ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi