parenting

Kata-kata Bijak Orang Tua agar Membuat Anak Merasa Dicintai

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 23 Oct 2019 20:01 WIB
Kata-kata Bijak Orang Tua agar Membuat Anak Merasa Dicintai
Jakarta - Kesibukan kerja, acapkali membuat orang tua lupa menyatakan rasa sayangnya ke anak. Padahal, hal itu bisa dilakukan dengan kata-kata yang sederhana lho, Bun.

Ada banyak sekali ucapan sayang untuk membuat anak merasa dicintai. Sebab, anak yang kurang mendapatkan kasih sayang sering mencari perhatian dengan cara yang memancing emosi.

Anak-anak pada dasarnya memang membutuhkan cinta, waktu, dan perhatian penuh dari orangtuanya, Bun. Sebagai orangtua, tentu saja Bunda dan Ayah cenderung menjadi pengaruh yang paling signifikan dalam kehidupan mereka.


"Anak-anak yang tidak memiliki keterikatan khusus dengan orangtua mereka cenderung tidak mengikuti aturan di rumah dan cenderung bersaing mendapatkan perhatian orangtua dengan cara yang kurang positif," ujar Laura Kauffman, Ph.D, seorang psikolog dari California, dikutip dari Parents.

Untuk membangun keterikatan, Bunda dapat melakukan berbagai hal sederhana baik dalam bentuk perhatian dan cinta. Hal ini nantinya tidak saja akan membuat anak-anak merasa aman tetapi juga membangun kepercayaan dirinya.

Kata-kata Bijak Orang Tua agar Membuat Anak Merasa DicintaiKata bijak orang tua untuk membuat anak merasa dicintai/ Foto: iStock

Mengutip Child Development Info, dalam aktivitas sehari-hari Bunda dapat memulai dengan bersikap penuh perhatian pada anak-anak. Salah satunya dengan mendengarkan secara aktif, ketika anak-anak ingin berbicara dengan Bunda. Tunjukkan bahwa Bunda mendengarkan dengan menghentikan apa yang sedang Bunda lakukan dan menjaga kontak mata dengannya.

Jangan lupa, Bun, tunjukkan antusiasme pada mereka tentang apa yang sedang didiskusikan. Bahkan, jika subjeknya tentang film yang Bunda tonton berdua sekalipun. Kemudian, jangan lupa memberikan ciuman dan pelukan pada anak secara teratur, Bun. Sebab, kontak fisik akan membantu Bunda menjalin ikatan dengan anak.

Melansir Happy You Happy Family, melayangkan kata-kata bijak dan positif juga dapat membuat mereka merasa luar biasa. Misalnya saja dengan kata "Bisa dengan mengatakan, 'Aku suka sekali menghabiskan waktu bersamamu', 'Aku bangga denganmu', 'Aku merasa sangat beruntung menjadi Bundamu', dan lainnya.

Ungkapan tersebut tidak saja membuat anak-anak merasa dicintai, Bun, tetapi juga membuat koneksi antara Bunda dan buah hati semakin rekat daripada sebelumnya.

Nah, semoga membantu, Bun.

Simak juga video curhatan Meisya Siregar mengenai ketakutannya menjadi orang tua:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi