parenting

Kata-kata Bijak yang Paling Ingin Didengarkan Anak dari Orang Tuanya

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 29 Oct 2019 14:01 WIB
Kata-kata Bijak yang Paling Ingin Didengarkan Anak dari Orang Tuanya
Jakarta - Menjaga ucapan atau mengeluarkan kata-kata bijak sangat penting dilakukan di depan anak-anak. Meski masih kecil, memori mereka merekam kata-kata bijak yang diucapkan orang tuanya.

Selain itu, kata-kata bijak juga penting untuk mengapresiasi dan juga menjadi penyemangat mereka. Jadi, enggak ada salahnya selalu menyelipkan satu dua kalimat untuk memompa semangat anak-anak.

Kalimat yang tulus dari orangtua tentu akan menjadi penegasan positif bagi perkembangan emosi anak-anak yang sehat. Untuk itu, frasa yang positif tentunya juga dibutuhkan guna membantu anak-anak lebih percaya diri.


"Pekerjaan orangtua adalah membentuk perilaku anak-anak,"ujar Michelle Macias, MD, seorang profesor pediatri di Medical University of South Carolina.

Berbicara mengenai perilaku tentu saja hal tersebut tak terlepas dari bagaimana Bunda mengajarkan tata bahasa, dan sikap positif dalam keseharian. Dalam hal ini, Bunda juga perlu menunjukkan kebanggaan terhadap mereka karena anak-anak pada dasarnya suka diberitahu betapa berharganya mereka. Salah satu yang bisa dilakukan yakni melalui pujian, seperti dikutip dari Parents.

Kata-kata Bijak yang Paling Ingin Didengarkan Anak dari Orang TuanyaKata-kata bijak orang tua/ Foto: iStock

"Anak-anak menganggap pujian sebagai hadiah dalam dirinya sendiri. Dan pujian merupakan cara untuk membantu mereka mempelajari perilaku seperti apa yang dapat diterima, bahkan sejak dini," tambah Macias.

Melansir Faithful Man, beberapa kata-kata bijak yang dapat memompa semangat diri anak di antaranya sebagai berikut, Bun:

1. Bunda pikir, kamu anak yang luar biasa!
2. Kamu melakukan pekerjaan yang hebat!
3. Terima kasih sudah menjadi anak yang luar biasa!
4. Terimakasih, kamu membuat Bunda dan Ayah selalu tersenyum.
5. Kamu melakukannya dengan sangat baik.
6. Kamu sangat berani.
7. Itu hal yang sangat baik untuk dilakukan
8. Kamu sangat pintar.
9. Terima kasih telah menghormati Bunda.
10. Kamu orang yang hebat.

Nah, itulah beberapa kata-kata bijak yang dapat membuat anak-anak menjadi lebih bersemangat, Bun. Jangan lupa menyisipkannya dalam kalimat harian Bunda saat berkomunikasi dengan anak-anak ya, Bun.

Serta, jangan ragu untuk melayangkan pujian sebagai bentuk apresiasi pada mereka. Semoga membantu, Bun!

Bunda, cari tahu juga yuk cara memilih playground yang pas dan aman untuk anak-anak!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi