sign up SIGN UP search

moms-life

Hindari Ucapan Mom Shaming yang Bikin Orang Lain Sakit Hati

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Rabu, 16 Oct 2019 20:01 WIB
Enggak cuma mengomentari fisik. Komentar terhadap pola asuhan seorang ibu merupakan bagian dari mom shaming. caption
Jakarta - Bun, sering dengar ucapan ini dari orang-orang sekitar? 'Kok anaknya dikasih susu formula?' atau 'kok bayinya kurus banget? Kurang gizi kali tuh'.

Ucapan-ucapan seperti itu ternyata masuk ke dalam kategori shaming lho. Psikolog, Dessy Ilsanty, M.Psi mengatakan, shaming adalah kritik yang disampaikan di tempat umum dan berdampak negatif. Terlepas apa tujuan dari ungkapan tersebut.

"Shaming adalah kritik yang dampaknya negatif bagi penerima. Penerimanya cenderung merasa dipermalukan. Yang menjadi topik kan melakukannya di tepat umum, misalnya di media sosial. Penerima bukan hanya malu terhadap diri sendiri, tapi juga pada orang orang yang ada di situ," kata Dessy dalam acara Hallobumil Relaunch: Mengerti Mama di Twin House, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).


Nah, shaming di kalangan ibu-ibu sendiri ada 3 jenis nih, terutama bagi ibu yang dalam fase setelah melahirkan. Ada yang namanya mom shaming, yaitu mengomentari pola pengasuhan yang diterapkan ibu. Kalau baby shaming, mengomentari atau mengkritik kondisi anak. Sedangkan, body shaming yaitu komentar terhadap kondisi fisik ibu.

Salah satu contoh nyata Bunda yang mengalami body shaming adalah Vicky Shu. Penyanyi yang juga merupakan ibu satu anak ini sering mengalami body shaming di media sosial. Banyak netizen di media sosial Instagram mengomentari tubuhnya yang lebih gemuk dibandingkan dulu sebelum hamil.

Hindari Ucapan Mom Shaming yang Bikin Orang Lain Sakit HatiIlustrasi ibu hamil yang mengalami body shaming/ Foto: iStock

Untungnya nih, Bun, suami Vicky Shu selalu memberi dukungan kepadanya. Suaminya tidak peduli dengan berat badannya yang bertambah karena hamil. Ia mengatakan kalau lebih suka dengan tubuh Vicky yang sekarang.

"Aku sering bilang (ke suami), dulu tuh aku kurus. Dia bilang, enggak suka. Aku lebih suka kamu yang sekarang lagi hamil anak aku. Entah 'peres' atau enggak, tapi itu salah satu upaya dia," ujar Vicky.

Bunda yang mengalami mom shaming atau baby shaming memang butuh dukungan dari orang-orang terdekat. Sehingga, komentar yang diucapkan orang-orang di luar sana tidak membuat Bunda stres.

Jadi, sebaiknya jangan memerdulikan komentar negatif orang-orang ya, Bun. Bunda pasti tahu apa yang terbaik untuk diri sendiri dan keluarga.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!