sign up SIGN UP search


parenting

5 Sebab Anak di Day Care Lebih Rentan Tertular Penyakit

Melly Febrida Selasa, 27 Aug 2019 15:30 WIB
Anak-anak di day care begitu mudah bergantian sakit. Apa yang membuat mereka gampang tertular penyakit? caption
Jakarta - Beberapa orang tua ada yang menitipkan anaknya di day care. Nah, Bunda pernah memperhatikan enggak sih, anak-anak ketika dititipkan di day care umumnya gampang tertular penyakit?

Ahli penyakit menular yang juga Presiden Inkstone Consulting Inggrid Koo PhD mengatakan, memang anak-anak yang dititipkan di day care dua hingga tiga kali lebih rawan terinfeksi pernapasan, infeksi telinga, dan diare.

"Risiko yang meningkat tidak tergantung pada usia, ras, dan kelas sosial. Risiko ini berkurang ketika mengganti popok dengan benar, mencuci tangan, serta menjaga kebersihan peralatan makanan yang digunakan," kata Koo mengutip Very Well Family.


Beberapa infeksi, menurut Koo, lebih cepat menular. Misalnya pilek dan gangguan pernapasan. Terlebih kalau anak lain ada yang belum divaksin seperti campak atau gondongan, risiko penularan lebih besar.

Kata Koo, ada lima penyebab anak yang dititipkan di day care lebih rentan tertular penyakit.

1. Kebiasaan dalam berperilaku

Anak-anak di day care sudah pasti akan melakukan kontak interpesonal dengan anak-anak lain serta melakukan kontak fisik dengan orang dewasa. Ini yang meningkatkan risiko penyakit cepat menular dari satu anak ke anak lain.

Lesia Oesterreich, Family Life Extension Specialist dari Iowa State University, dalam tulisannya di situs National Network for Child Care, mengatakan anak usia 2 tahun amat independen. Sebagian besar waktunya habis untuk mengeksplorasi, mendorong, menarik, menumpahkan, dan menyentuh.

2. Kebersihan kurang terjaga

"Anak-anak belum terbiasa menjaga kebersihannya. Misalnya cuci tangan. Nah,, di day care praktik menjaga kebersihan pada anak yang sakit sering luput dari perhatian. Sehingga, penyakit mudah menular. Apalagi, saat mata anak gatal, dia cenderung menggosok matanya lalu menyentuh anak atau mainan lain," papar Koo.

3. Imunitas rendah

Anak-anak memang punya imunitas yang lebih lemah dibanding orang dewasa. Untuk itu, sebagai upaya mencegah dia mudah tertular penyakit, perhatikan asupan harian, waktu istirahat, aktivitas, dan vaksinasinya, Bun.

Ilustrasi anak di daycare rentan tertular penyakitIlustrasi anak di daycare rentan tertular penyakit/ Foto: iStock
4. Perkembangan fisik belum matang

Koo mengatakan, beberapa anak memiliki gangguan fisik yang berkaitan dengan usia. Misalnya tabung Eustachius yang kurang berkembang yang membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi telinga. Selain itu, sebelum sukses lepas popok, diaper bisa jadi penyebab meningkatnya penularan diare.



5. Vaksinasi belum lengkap

Beberapa anak-anak mungkin belum lengkap vaksinasinya, sehingga mereka kurang kebal terlindungi dari penyakit menular.

Simak juga cara Nirina Zubir melatih anak agar bisa bangun pagi di video ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi