Sign Up search


parenting

Jawaban Bijak Gisel Saat Gempi Bertanya Kenapa Dia Tak Bisa Lihat Tuhan?

Siti Hafadzoh Jumat, 15 Nov 2019 12:20 WIB
Jawaban Bijak Gisel Saat Gempi Bertanya Kenapa Dia Tak Bisa Lihat Tuhan? caption
Jakarta - Gempi menanyakan hal-hal lucu nih, Bun, pada orang-orang di sekitarnya. Gadis cilik berusia 5 tahun itu menanyakan tentang Tuhan. Nah lho, kira-kira Mama Gisel punya jawaban apa ya?

Anak seusia Gempi memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kadang hal itu membuat orang tua kewalahan untuk mencari jawabannya. Gisel pun mencoba menjawab dengan jawaban sederhana tapi mudah dimengerti.

"Sudah mulai masuk fase kenapa kenapa-an. Kenapa Tuhan bisa lihat aku, tapi aku enggak bisa lihat Tuhan? tulis Gisel di akun Instagram-nya.


Sang kakek menjawab karena Tuhan pintar. Lalu, Gempita malah menimpalinya lagi.

"Berarti aku enggak pintar?" tanya Gempi lagi.

Gisel tertawa mendengar jawaban putrinya itu. Kemudian, ia memberikan penjelasan tambahan tentang Tuhan dengan kalimat yang dimengerti oleh Gempi.

"Gempi pintar. Tapi enggak ada yang bisa pintarnya Tuhan. Karena Tuhan itu bisa semuanya lho, Gem. Dia saja bisa buat Gempi, bisa buat Mama, bisa ciptain semuanya. Bisa ciptain matahari, bumi, dunia itu Tuhan yang ciptain," jelas Gisel.

Jawaban Bijak Gisel Saat Gempi Bertanya Kenapa Tuhan Tak Bisa Lihat Dia?Gisel dan Gempita/ Foto: Instagram @gisel_la

Ternyata rasa penasaran Gempi tak berhenti sampai di situ, Bun. Dia kembali menanyakan apakah Tuhan bisa mengubahnya seperti kucing?

Menjawab pertanyaan ajaib tersebut, untungnya Gisel bisa memberikan alasan logis. Dimana menurutnya kuasa Tuhan lebih luas dari itu. Tapi tidak perlu mengubah manusia menjadi binatanga.

Bahkan, mantan istri Gading Marten itu memanfaatkan momen itu untuk mengajari Gempi mengenai pentingnya berdoa. Dia juga menekankan agar anak-anak bersyukur atas nikmat yang telah didapatkan.

Ketika anak banyak bertanya kepada orang tua seperti dilakukan Gempi, Bunda harus bangga nih. Menurut psikolog Adisti F. Soegoto, MPsi atau yang biasa disapa Adis, itu tandanya rasa ingin tahu anak tinggi dan mereka percaya bahwa orang tuanya sebagai sumber informasi yang kuat.

"Saat anak tanya, jangan dimatikan dengan bilang, 'Tanya Ayah sana' atau 'Ini bukan urusan anak kecil'. Akhirnya rasa ingin tahu anak tidak terpupuk dan anak jadi malas tanya," kata Adis.

Cara Gisel menjelaskan tentang Tuhan merupakan hal yang tepat nih, Bun. Orang tua memang perlu menyesuaikan cara menjawab dengan usia dan pemahaman anak.

"Tuhan itu yang menciptakan kamu, Bunda dan bumi serta isinya. Makanya ada siang ada malam, ada hujan ada panas," ujar Adis.

Jadi, enggak perlu ragu lagi ya, Bun untuk menjawab pertanyaan anak tentang Tuhan. Jawab dengan kalimat yang jelas dan sederhana seperti dicontohkan oleh Gisel dan psikolog Adis tadi.

Simak fakta unik tentang otak dan kecerdasan anak di video ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi