sign up SIGN UP search


parenting

Bersyukurlah Si Kecil Banyak Bertanya, Itu Pertanda Anak Cerdas

Zika Zakiya Sabtu, 19 Oct 2019 14:22 WIB
Anak cerdas salah satu cirinya ditandai dengan pertanyaan yang kerap dilontarkan. caption
Jakarta - Pertanyaan anak apa yang Bunda terima hari ini? Ayo jujur Bun, apakah terkadang pertanyaan itu bisa membuat Bunda 'keselek' dan diam dulu untuk menelaah jawabannya?

Jangan acuhkan pertanyaan itu ya, Bun. Dikatakan psikolog dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Adisti F. Soegoto, MPsi, anak yang bertanya pada orang tuanya menandakan rasa ingin tahu yang tinggi dan percaya bahwa Ayah-Bunda sebagai sumber informasi yang kuat.

"Saat anak tanya, jangan dimatikan dengan bilang, 'Tanya Ayah sana' atau 'Ini bukan urusan anak kecil'. Akhirnya rasa ingin tahu anak tidak terpupuk dan anak jadi malas tanya," kata wanita yang akrab disapa Adis ini.


Jika pun Bunda tidak bisa menjawab pertanyaan anak, sebaiknya bersikap defensif. Melainkan coba minta anak untuk memberi Bunda waktu untuk mencari jawaban yang tepat.

Ilustrasi pertanyaan anakIlustrasi pertanyaan anak/ Foto: iStock

"Wah pertanyaan kamu bagus, tapi boleh enggak kasih Bunda waktu untuk cari tahu? Nanti kalau Bunda sudah tahu, Bunda langsung kasih tahu kamu. Atau Bunda sekarang belum tahu, gimana kalau kita cari sama-sama," saran Adis.

Hal terpenting dalam proses pertanyaan sulit ini adalah itu menandakan kecerdasan anak. Ada rasa penasaran meletup-letup di otak anak yang wajib untuk segera distimulasi dengan baik.


Dikatakan Dr.Thomas Armstrong, PhD, pakar pendidikan anak dari Amerika Serikat, genetika memang berpengaruh pada kecerdasan anak. Tapi itu semua tidak berarti tanpa adanya stimulasi. Rasa ingin tahu yang terjawab merupakan stimulasi untuk anak berpikir dan bertindak cerdas.

"Genetik bukan segala-galanya. Jika seseorang dilahirkan dengan otak jenius namun tidak mendapat stimulasi dan rangsangan yang diperlukan, otak tidak akan berkembang dan anak tidak akan menjadi apa-apa," kata Armstrong.

Yuk, Bun, mulai sekarang kita coba jawab pertanyaan anak yang kadang bikin keselek itu. Sesulit apa pun pertanyaan itu, wajib untuk kita memberi jawabnya. Dan, jangan lupa untuk menyokongnya dengan gizi yang seimbang ya. Seperti yang disarankan dalam video berikut.

Berenang bikin anak cepat tinggi? Simak penjelasannya di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi