kehamilan

Ibu Hamil Terpapar Asap Rokok Akibatkan Cacat Janin, Ini Faktanya

Yuni Ayu Amida Jumat, 15 Nov 2019 07:01 WIB
Ibu Hamil Terpapar Asap Rokok Akibatkan Cacat Janin, Ini Faktanya
Jakarta - Tentunya Bunda tahu bahwa rokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Bukan hanya perokok aktif, perokok pasif pun bisa terkena dampaknya, terutama ibu hamil. Salah satu risikonya adalah cacat janin.

Dilansir Reuters, sebuah studi menyimpulkan bahwa wanita hamil yang terpapar asap rokok bisa mengalami janin mati dalam rahim, atau melahirkan bayi yang cacat.

"Wanita perlu dilindungi dari paparan asap rokok sebelum konsepsi dan selama kehamilan," ujar Jo Leonardi-Bee, seorang peneliti dan profesor di Universitas Nottingham di Inggris.


Lebih lanjut, Leonardi-Bee menuturkan, paparan terhadap perokok pasif diperkirakan hanya sekitar satu persen dari asap yang dihirup perokok aktif. Namun, itu tetap menimbulkan risiko peningkatan kelahiran mati dan cacat lahir.

Leonardi-Bee dan rekan-rekannya sesama peneliti, menggabungkan data dari 19 studi. Mereka pun menemukan bahwa dampak asap rokok telah dikaitkan dengan tingkat keguguran, kematian bayi yang belum lahir atau bayi baru lahir, dan cacat lahir.

Ibu Hamil Terpapar Asap Rokok Akibatkan Cacat Janin, Ini FaktanyaIbu Hamil Terpapar Asap Rokok Akibatkan Cacat Janin, Ini Faktanya /Foto: DW (Soft News)

Hal ini benar, Bunda, dijelaskan dalam ulasan yang diterbitkan American Pregnancy, paparan asap rokok pada ibu hamil bisa menyebabkan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya terganggu. Beberapa kondisi kesehatan tersebut di antaranya keguguran, berat badan lahir rendah, kelahiran dini atau prematur, perkembangan otak anak yang kurang sehingga kelak berpengaruh pada proses belajar atau perilaku, serta sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

SIDS adalah gangguan di mana bayi meninggal secara tak terduga saat mereka tidur. Kondisi ini agak menjadi misteri karena autopsi dan pemeriksaan medis tidak menunjukkan penyebab kematian, dan bayi tampak sehat sebelum meninggal. Untuk mengurangi risiko terkait SIDS ini, sebaiknya hindari rokok, baik jadi perokok aktif maupun perokok pasif.

Lebih lanjut, saat bayi sudah lahir, kemudian ia terpapar asap rokok, bisa menyebabkan efek negatif pada sistem kekebalan tubuhnya. Mereka rentan mengalami infeksi telinga, pilek, penyakit pernapasan, dan masalah gigi.

Jadi, perokok aktif maupun perokok pasif sama berbahayanya, Bunda. Untuk mencegah hal tidak diinginkan, pastikan selama hamil Bunda jauh dari asap rokok. Begitu pula saat anak sudah lahir, jauhkan mereka dari paparan asap rokok.

Simak pula tayangan bahaya rokok ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi