parenting

Waspada, Ternyata Sanitasi Buruk Ada Hubungannya dengan Stunting

Asri Ediyati Jumat, 22 Nov 2019 08:21 WIB
Waspada, Ternyata Sanitasi Buruk Ada Hubungannya dengan Stunting
Jakarta - Mendengar kata stunting rasanya horor banget ya, Bunda? Ya, pernah HaiBunda bahas sebelumnya, stunting dikaitkan dengan malnutrisi dan kelaparan. Stunting memiliki dua faktor utama yakni malnutrisi, infeksi berulang dan atau penyakit kronis.

Untuk mencegahnya, ternyata enggak cuma gizi yang kita perhatikan. Namun, juga sanitasi rumah. Menurut Stevia Angesty, sociopreneur bidang sanitasi dan pendiri Feelwell Ceramics, korelasi sanitasi dengan stunting sangat dekat. Kenapa sangat dekat?

"Jadi berdasarkan data di World Bank, untuk yang kesehatan kita memang sanitasi itu salah satu penyebab gizi yang buruk, penyebab stunting," ujar Stevia di acara Vixal dalam rangka Hari Toilet Sedunia 2019, baru-baru ini.

"Pada dasarnya stunting adalah kekurangan gizi kronis karena kurang zat-zat esensial. Anak itu enggak cuma bertubuh kerdil tapi otaknya kecil," sambungnya.


Nah, kenapa sanitasi juga berperan di sini? Jadi, kata Stevia, jika kita hanya kasih vitamin yang anak, gizi yang tercukupi, tapi misalnya buang air besar sembarangan itu tetap ada, artinya tetap kotor. Akhirnya kuman dimakan juga, sakit.

"Akhirnya gizi ikut terbuang. Jadi kalau diare berkelanjutan pada anak otomatis gizinya enggak bisa diserap dengan anak. Akhirnya anak tak bisa tumbuh optimal, anak menjadi kerdil. Ada kemungkinan beberapa tahun ke depan anak-anak ini ukuran otaknya kecil," kata Stevia.
ilustrasi toiletilustrasi toilet/ Foto: ilustrasi/thinkstock
Bagaimana kasus sanitasi di Indonesia? Stevia merujuk data Riskesdas, faktor yang penyebab angka malnutrisi dan kematian bayi ada lima besar. Pertama tidak berhubungan dengan sanitasi, lebih pada kasus bayi yang tak selamat saat dilahirkan. Lalu faktor kedua, ketiga hingga kelima berhubungan dengan sanitasi.

Sependapat dengan Stevia, Dr.dr.Wani Gunardi, Sp.MK(K) bilang, jadi memang sanitasi sangat berpengaruh pada kesehatan. Dengan sanitasi yang buruk, rumah menjadi kotor itu menjadi penyakit bagi kita.

"Kita juga enggak tahu, apakah kondisi kita fit atau memang lagi menurun? Itu mempermudah bakteri masuk. Kalau sanitasi terjaga, kemungkinan sehat besar sekali," kata Wani.

Menurut dokter mikrobiologi klinis ini, stunting dan sanitasi berhubungan erat karena kalau kita memperbaiki gizi saja tapi kalau bibit penyakit masih banyak percuma.

"Efek daya tahan tubuhnya terpakai untuk melawan infeksi-infeksi ini. Jadi semuanya berhubungan," tutur Wani.
Waspada, Ternyata Sanitasi Buruk Ada Hubungannya dengan Stunting

Simak juga cara membersihkan kamar mandi melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi