kehamilan

Heboh Suplemen Prenatal dan Postpartum di Kanada Ditarik dari Pasaran

Siti Hafadzoh Selasa, 19 Nov 2019 08:20 WIB
Heboh Suplemen Prenatal dan Postpartum di Kanada Ditarik dari Pasaran
Jakarta - Health Canada baru saja mengumumkan menarik beberapa produk vitamin untuk ibu hamil. Di antaranya yaitu suplemen PregVit dan PregVit folic 5 vitamin-mineral.

Seharusnya, paket suplemen ini terdiri dari 15 tablet merah muda untuk pagi dan 15 tablet biru untuk malam. Tapi, beberapa paket mungkin hanya terdiri dari tablet merah muda. Ini terjadi karena kesalahan pengemasan.

"Tablet merah muda dan biru tidak mengandung bahan aktif yang sama," kata pihak Health Canada dikutip dari Global News.


"Wanita yang hanya meminum tablet merah muda tidak akan menerima suplemen vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Secara khusus, tablet merah muda tidak mengandung asam folat yang penting untuk kesehatan perkembangan janin dan membantu mengurangi beberapa jenis cacat lahir," jelas Health Canada.

Perusahaan mengatakan masalah ini hanya memengaruhi sejumlah kecil paket. Perusahaan mengatakan, siapa pun yang telah membeli produk tersebut dan tidak mendapatkan pil yang tepat harus menghubungi apoteker untuk mendapatkan penggantinya.

Heboh Suplemen Prenatal dan Postpartum di Kanada Ditarik dari PasaranIlustrasi minum suplemen tablet/ Foto: iStock

"Tidak ada masalah kualitas, keamanan, atau efektivitas dengan tablet itu. Tapi, ada potensi bahwa pasien mungkin tidak mengambil kombinasi yang tepat dari tablet pink dan biru jika mereka menerima produk yang salah pengemasan," ujar pihak Health Canada.

Beberapa suplemen dibutuhkan selama kehamilan. Salah satunya yang mengandung asam folat. Biasanya, dokter akan meresepkan asam folat sejak awal kehamilan.

Menurut dr.Merdina Manik, M.Gizi, pertumbuhan otak anak di masa kehamilan salah satunya dipengaruhi oleh asam folat lho.

"Asam folat dengan besar kebutuhan 600 mikrogram per hari. Ini akan memengaruhi pertumbuhan otak sebesar 70 persen dibanding zat gizi lain," kata Merdina.

Bunda yang sedang hamil, simak penjelasan porsi makan untuk ibu hamil agar anak tidak stunting di video berikut ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi