parenting

Cara Tepat Mengganti Popok Bayi dengan Higienis

Asri Ediyati Kamis, 21 Nov 2019 16:41 WIB
Cara Tepat Mengganti Popok Bayi dengan Higienis
Jakarta - Mengganti popok mungkin terdengar sepele. Namun ada beberapa tahap yang penting dan jangan dilewatkan demi kesehatan bayi. Menurut dr.Reisa Broto Asmoro, tahap pertama adalah kebersihan tangan Bunda atau Ayah terlebih dahulu.

Sebelum kita mengganti popok bayi, pastikan tangan kita bersih dulu. Kadang kita lupa, kita malah enggak cuci tangan karena menganggap pegang popok kan juga kotor.

"Karena kan kita mau bersihkan popok, enggak mungkin dong tangannya bersih, toh kita ganti popok kan kotor. Tapi ingat kita kan pegang bayinya juga," ucap Reisa dalam program dr.Oz Indonesia dilansir Trans TV.

Jadi pastikan tangan kita dalam kondisi yang bersih sudah cuci tangan dengan sabun antiseptik. Kemudian pastikan juga untuk membersihkan dan menyiapkannya sudah dengan tempat yang nyaman.


"Karena kita enggak perlu angkat-angkat bayi lagi. Pastikan tempat yang nyaman, sambil kita gantikan popoknya," kata Reisa.

Nah, kita lihat popoknya sudah penuh. Lalu, kita bersihkan kelamin bayi dengan air mengalir, air hangat. Ketika dibersihkan, bersihkannya dari depan ke belakang. Jangan dibalik, karena kuman-kuman dari belakang bisa masuk kelamin. Itu berlaku baik pada perempuan maupun laki-laki.

Setelah dibersihkan lalu diberi sabun sampai bersih, dibilas lagi, ingat sabun harus dipastikan tak besisa, kalau bersisa takut mengiritasi kulit bayi.

"Pastikan harus kering, jangan beranggapan nanti terserap popok. Nanti malah bikin lembap. Nah, kalau ada ruam, pakaikan krim khusus di daerah ruam, usahakan sedikit saja tapi merata. Lalu, gunakan popok yang baru," ujar Reisa.

Simak praktiknya melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi