sign up SIGN UP search


parenting

3 Dampak pada Kulit Bayi Jika Ruam Popok Diabaikan

Zika Zakiya Jumat, 30 Apr 2021 13:50 WIB
Ilustrasi popok bayi caption
Jakarta -

Ruam popok bukanlah hal kecil untuk diabaikan, Bunda. Jika lambat ditangani, Si Kecil bisa rewel dan membuat Bunda repot.

Ini belum lagi ditambah dengan dampak pada kulit Si Kecil. Ada tiga masalah kulit yang paling hebat dihasilkan dari ruam popok, yaitu:

1. Infeksi jamur
2. Iritasi
3. Luka

Untuk mengatasinya, Bunda harus peka terhadap kebersihan popok Si Kecil. Jangan menunggunya untuk luber baru kemudian menggantinya ya, Bunda. Apalagi jika Si Kecil Buang Air Besar (BAB), wah itu harus segera wajib Bunda ganti popoknya.


banner sahabat benci bayiFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Dilansir Healthsite, disarankan untuk mengganti popok basah setiap tiga hingga empat jam. Namun, durasi waktu itu bisa diperpendek jika memang popok tersebut lembap.

"Peraturan mengganti popok tiap tiga jam sekali tidak selalu sahih di tiap kasus. Tapi juga jangan Bunda menunggu hingga popok bocor karena hanya akan berujung pada ruam popok," tegas Dr K.P.Sanghvi, Neonatolog dan Dokter Anak di Bhatia Hospital.

Untuk perlindungan popok terbaik, Bunda bisa menggunakan popok dengan bahan yang sudah teruji klinis. Bagian belakangnya pun lebih lebar serta memberikan perlindungan 360 derajat Leak Guard Protection.

Fitur ini penting karena bisa mengurangi risiko kebocoran akibat gerakan aktif Si Kecil dalam posisi apapun. Pastikan juga popok tersebut anti-iritasi, bebas zat kimia dan pemutih, BPA free, serta berlabel halal. Satu lagi, Bun pastikan ada ukuran yang pas untuk Si Kecil di setiap masa perkembangannya. "

A smiling baby whose mother is changing a diaperIlustrasi popok/ Foto: Getty Images/iryouchin

"Ruam popok akan berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari serta pola tidur Si Kecil. Padahal pola tidur 1.000 hari pertama Si Kecil sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya," ujar Wenny Damayanti selalu Head of Marketing Baby Care - Kimberly Clarke Softex dalam rilis yang diterima HaiBunda.

"Kami ingin selalu memberikan produk unggulan terbaik, Sweet Silver Pants dengan diamond layer technology yang mampu menyerap cairan lebih kering hanya dalam satu detik untuk 20 mililiter pertama," tambahnya.

Cegah ruam popok ini yuk, Bunda karena kesehatan popok menjadi kunci utama kebersihan Si Kecil. Jika Bunda masih ragu dengan cara penggantian popok, simak caranya dalam video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi