parenting

Bayi Baru Lahir Menangis Tanpa Air Mata, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Asri Ediyati Sabtu, 23 Nov 2019 18:08 WIB
Bayi Baru Lahir Menangis Tanpa Air Mata, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Jakarta - Mungkin Bunda tak terlalu perhatikan jika bayi baru lahir menangis tanpa air mata. Ternyata hal tersebut bukan ada kelainan atau masalah lainnya. Menurut dokter anak Tanya Remer Altmann, normal bagi bayi untuk tak meneteskan air mata selama beberapa bulan pertama.

Sebagian besar bayi mulai menangis sekitar usia dua minggu tetapi beberapa bayi bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan saluran dan kelenjar air mata. Biasanya kelenjar air mata berfungsi saat usia dua bulan. Lalu, perlu Bunda tahu, kelenjar air mata itu berbentuk almond dan terletak di bawah kelopak mata atas.

Sementara itu, dokter spesialis mata anak-anak, Dr Phillipa Sharwood mengatakan, konsep keluarnya air mata hampir seperti awan yang membuat hujan. "Air mata kemudian turun ke mata, dan ada sistem drainase (saluran air mata) di sudut dalam mata yang turun ke hidung," ucapnya.



"Seberapa banyak kita benar-benar menangis tergantung pada seberapa baik sistem drainase, versus seberapa banyak air mata yang dihasilkan kelenjar," lanjutnya, dikutip dari Mirror.

Tetapi karena bayi tidak memiliki kelenjar air mata, bayi tidak menghasilkan jumlah air mata yang normal selama beberapa minggu pertama.

Kemudian menurut National Health Service, produksi air mata memang tidak langsung terjadi setelah lahir. Jadi mungkin air mata tidak terlihat selama satu atau dua minggu.

Nah, tanda-tanda kelenjar air mata bayi mulai berfungsi adalah mata berair. Ada air mata menggenang di sudut mata, tumpah ke pipi. Hal ini terjadi bahkan ketika bayi tidak menangis.

Bayi Baru Lahir Menangis Tanpa Air Mata, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Simak juga merawat gigi bayi 6 bulan melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi