parenting

Anak Tak Mau Nasi? Berikan 7 Makanan Pengganti Karbohidrat

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 27 Nov 2019 13:18 WIB
Anak Tak Mau Nasi? Berikan 7 Makanan Pengganti Karbohidrat
Jakarta - Si kecil mogok makan alias melakukan gerakan tutup mulut (GTM)? Hampir semua Bunda rasanya pernah menghadapi drama si kecil yang melakukan GTM.

Beragam alasan menjadi penyebabnya, mulai dari tumbuh gigi hingga bosan nasi. Ya, ada kalanya anak-anak menolak mentah-mentah nasi yang disodorkan ke hadapannya.


Hal ini berbeda kondisinya kalau mereka bosan dengan lauk yang disajikan ya, Bun. Kalau bosan makan saja, kita tinggal cari kreasi masakan yang berbeda. Tapi, ada juga si kecil yang ogah makan nasi. Bahkan, ada yang maunya makan mi terus lho.


Wah, kalau sudah begini pasti bikin pusing ya. Bunda harus kreatif menciptakan menu makanan dari pengganti nasi.

Berbicara mengenai kebutuhan nasi, ternyata beberapa negara sudah mengeluarkan himbauan agar orang tua mulai menerapkan diet nasi untuk bayinya. Keputusan itu menyusul temuan kadar arsenik yang ditemukan dalam beras. Melansir Pop Sugar, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan diversifikasi diet bayi untuk mengurangi risikonya.

"Untuk makanan pertama bayi, sereal beras tidak bergizi seperti pilihan makanan lainnya dan menjadi populer dalam 30 hingga 35 tahun terakhir karena sereal dianggap paling aman dari alergi," kata Dr. Frank Greer dari AAP.

Selain nasi, sebenarnya banyak sumber makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Sehingga kebutuhan nutrisi, terutama karbohidrat tetap terpenuhi. Simak ulasannya di bawah ini ya, Bunda.

1. Pasta

Pasta yang terbuat dari tepung gandum kaya akan kandungan zat besi non-heme. Pasta saat ini sudah mudah ditemukan di pasaran. Bunda bisa mulai memasakkan si kecil makaroni cheese dan spaghetti.

2. Sereal

Melansir Vita Cost, sereal dari beras gandung diperkaya zat besi sehingga bagus diberikan pada bayi.

Anak Tak Mau Nasi? Berikan 7 Makanan Pengganti KarbohidratKentang pengganti nasi/Foto: iStock

3. Kentang

Dalam 100 gram kentang mengandung 62 kalori, lalu terapat 13,5 gram karbohidrat dan 2 gram protein. Kentang juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bagus untuk tumbuh kembang anak.

Berikan mashed potato bersama scramble egg, atau kentang goreng dengan ayam goreng atau daging.

4. Oatmeal

Oat adalah sumber biji-bijian utuh yang sangat mudah dicerna, bahkan untuk bayi sekalipun. Oat juga bagus diberikan pada bayi sebagai MPASI agar mereka mengenal makanan padat.

5. Jagung

Jagung menawarkan rasa sedikit manis, yang dijamin akan membuat si kecil suka nih, Bun. Dalam 100 gram jagung mengandung 366 kalori, lalu ada 69,1 gram karbohidrat, dan 9,8 gram protein.

Jagung bisa disajikan bersama dengan sayuran yang lainnya seperti wortel dan kacang polong. Lalu, tambahkan daging giling sebagai sumber protein hewani.

Anak Tak Mau Nasi? Berikan 7 Makanan Pengganti KarbohidratUbi pengganti nasi/Foto: iStock

6. Ubi

Ubi disebut-sebut sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi putih. Ubi yang sudah diolah mengandung 18-21 karbohidrat.

7. Singkong

Singkong bisa dijadikan berbagai olahan menggoda selera untuk anak-anak. Misalnya, direbus dan disajikan bersama sayuran dan ikan. Atau dibuat camilan seperti singkong Thailand atau kolak.

Selamat mencoba!

Anak Tak Mau Nasi? Berikan 7 Makanan Pengganti Karbohidrat

Simak juga resep nasi kepal agar si kecil napsu makan, dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi