parenting

10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak

Siti Hafadzoh Kamis, 28 Nov 2019 09:00 WIB
10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak
Jakarta - Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh cerdas. Selain faktor genetik dan belajar, ternyata ada lho makanan yang membantu anak jadi lebih cerdas.

Beberapa makanan dipercaya bisa membantu perkembangan sel otak anak. Mengutip dari beberapa sumber, berikut makanan yang bisa membuat anak cerdas, Bun.


1. Telur


"Protein dan nutrisi yang ada di dalam telur membantu anak berkonsentrasi," kata Beth Saltz, RD, seorang chef di Los Angeles dikutip dari WebMD.

Telur mengandung kolin, nutrisi yang membuat neurotransmitter di otak terlibat dalam memori dan komunikasi antara sel-sel otak. Kuning telur kaya akan kolin, jadi sebaiknya, kuning telur jangan dibuang ya, Bun.

2. Yogurt

Probiotik yang terkandung dalam yogurt, dapat meningkatkan produksi bahan kimia dalam otak. Itu juga akan membantu mengurangi stres dan kecemasan. Protein dan lemak yang ada dalam yogurt, dapat membantu sel otak dalam kondisi baik untuk mengirim dan menerima informasi.

Sebaiknya, hindari yogurt yang sudah dicampur gula. Lebih baik mengonsumsi yogurt penuh lemak, seperti greek yogurt yang memiliki lebih banyak protein dibandingkan yogurt jenis lainnya.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan folat dan vitamin. Sayur hijau, misalnya kale mengandung banyak antioksidan dan zat lain yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru di otak.

4. Ikan

Ikan kaya akan lemak seperti omega-3. Lemak omega-3 penting untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung. Mengutip Parents, dalam beberapa penelitian, anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 lebih baik dalam membaca dan mengeja.

"Semakin banyak omega-3 yang kita dapatkan di otak, semakin baik fungsinya dan semakin baik kemampuan anak-anak untuk fokus," kata Bonnie Taub-Dix, RD, penulis buku Read It Before You Eat It.

10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Kecerdasan AnakIlustrasi nutrisi anak/ Foto: iStock

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan ini mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral. Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa meningkatkan mood dan menjaga sistem saraf tetap terkendali.

6. Oatmeal

Protein dan serat yang terdapat di oatmeal membantu arteri jantung dan otak tetap bersih. Dalam sebuah penelitian, anak usia 9-11 tahun yang makan oatmeal untuk sarapan melakukan tes memori jangka pendek lebih baik. Itu karena serat yang terdapat di dalam oatmeal memperlambat pencernaan dan menghasilkan pelepasan bahan bakar yang lebih lanjut ke otak.

7. Apel

Apel mengandung antioksidan yang dapat melawan penurunan keterampilan mental. Nah, Bunda bisa menjadikan apel sebagai camilan sehat untuk anak.

8. Alpukat

Alpukat kaya akan lutein dan vitamin E. Mengutip My Recipes, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk otak.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak. Omega-9 yang terdapat di dalam minyak zaitun, juga dibutuhkan oleh anak untuk perkembangan otak mereka.

Bunda bisa mengoleskan minyak zaitun pada roti. Kalau anak masih makan MPASI, Bunda juga bisa menambahkannya sedikit di menu MPASI anak.

10. Susu

Sebuah penelitian di North Dakota State University menemukan bahwa anak-anak yang minum lebih banyak susu dan lebih sedikit minum manis, memiliki nilai tes yang lebih baik dalam bidang matematika maupun membaca. Protein pada susu membantu menjaga gula darah seimbang dan membantu anak-anak tetap berenergi serta fokus.

Seimbangkan menu harian anak dengan makanan di atas ya, Bun. Supaya mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Bunda, selain salmon, ada ikan lain yang bagus untuk MPASI. Simak di video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi