sign up SIGN UP search


parenting

Makanan untuk Kecerdasan Anak Ternyata Hanya Mitos, Ini Penjelasan Dokter

Annisa Karnesyia Kamis, 19 Nov 2020 08:06 WIB
Asian baby girl eating vegetable first time at home kitchen caption
Jakarta -

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak cerdas ya, Bunda? Tak jarang orang tua rela melakukan berbagai cara untuk membuat anaknya cerdas dan pintar.

Beberapa di antaranya bahkan meyakini bisa mengubah anaknya menjadi cerdas dengan memberikan asupan makanan tertentu. Pada dasarnya, makanan memang dibutuhkan untuk tumbuh dan kembang anak.

Lalu apakah ada makanan yang benar-benar bisa mencerdaskan anak kita? Kalau memang ada, apa saja jenis makanan itu?


Nah, menurut dokter spesialis gizi dr.Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, tidak ada makanan yang bisa mencerdaskan anak ya. Pertanyaan seputar ini jelas sekali hanya mitos dan bukan fakta.

"Mitos, makanan hanya menjadi salah satu faktor yang menentukan kecerdasan anak," kata Juwalita, saat dihubungi HaiBunda, Rabu (18/11/2020).

Juwalita mengatakan, ada dua faktor besar yang menentukan kecerdasan anak, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah genetik, sedangkan faktor eksternal berupa nutrisi, aktivitas fisik, dan stimulasi.

Dalam hal makanan, nutrisi berperan penting untuk kecerdasan anak. Nutrisi yang dimaksud adalah Docosahexaenoic Acid (DHA), kolin, zat besi, seng, serta vitamin B6 dan B12.

"Makanan seperti telur, seafood dan beberapa jenis ikan tidak hanya merupakan sumber protein yang baik, tapi juga sumber DHA, kolin, serta vitamin B6 dan B12," ujar Juwalita.

"Sementara itu, daging sapi, seafood, serealia yang difortifikasi, bayam, brokoli, merupakan bahan makanan sumber zat besi," sambungnya.

Nyatanya, tidak semua anak menyukai makanan bernutrisi ini, Bunda. Beberapa anak yang masih kecil sering susah makan.

Pada kondisi ini, Bunda boleh memberikan vitamin tambahan. Namun, penggunaannya harus disesuaikan dengan usia anak ya.

Konsumsi makanan bernutrisi penting untuk kecerdasan si kecil. Namun, apa benar hanya dengan makan ikan dan minum susu anak bisa menjadi cerdas? Klik NEXT untuk penjelasan lengkapnya.

Simak juga dampak buruk anak tidak sarapan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi