parenting

3 Manfaat Seafood untuk Tumbuh Kembang Anak

Annisa Karnesyia Selasa, 03 Dec 2019 11:28 WIB
3 Manfaat Seafood untuk Tumbuh Kembang Anak
Jakarta - Bukan rahasia lagi, konsumsi makanan laut atau seafood baik untuk kesehatan. Bukan cuma orang dewasa, tapi juga anak-anak, Bun.

Sayangnya, tidak semua anak suka makan seafood. Menurut laporan di jurnal Pediatrics, konsumsi seafood pada anak-anak mulai menurun dalam beberapa tahun.


"Konsumsi seafood pada anak-anak menurun setiap tahun sejak tahun 2007 ke level yang tidak bisa dihitung dibandingkan sejak awal tahun 1980-an," kata penulis jurnal, dikutip dari CNN.


Ada ragam manfaat seafood yaitu:

1. Mencegah alergi

Salah satu manfaat seafood untuk anak adalah mencegah reaksi alergi seperti asma, dan eksem. Bahkan, konsumsi seafood pada anak bisa menurunkan risiko penyakit jantung, Bunda.

Mengenalkan anak dengan seafood bisa dimulai sedini mungkin. Terutama sebelum anak menjadi pemilih (picky eater).

"Di usia 5 tahun anak mulai punya kebiasaan makan dan makanan kesukaan. Sebaiknya orang tua mulai mengenalkan seafood dengan frekuensi yang sering sebelum usia ini," kata ahli diet Maria Romo-Palafox.

3 Manfaat Seafood untuk Tumbuh Kembang AnakIlustrasi anak makan/ Foto: iStock

2. Membantu membentuk sel baru

Mengutip laman National Fisheries Institute, seafood merupakan sumber protein yang bagus karena bisa memperbaiki dan membentuk sel-sel baru di tubuh. Ini sangat penting, terutama pada anak dan remaja yang masih tumbuh.

Protein dalam seafood juga membantu tubuh si kecil memproduksi antibodi yang membantu melawan infeksi. Anak-anak akan jauh lebih rentan terhadap penyakit serius tanpa protein seperti asam amino esensial.

Dokter anak merekomendasikan untuk memasukkan makanan padat seperti seafood dalam menu makan anak usia sekitar 4 sampai 6 bulan. Beberapa di antaranya menyarankan orang tua tertentu menunggu sampai usia anak setahun.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa tidak perlu menunda pengenalan seafood. AAP menyarankan untuk memberi bayi seafood sambil menunggu beberapa hari untuk melihat reaksi alergi sebelum memperkenalkan yang lain.

3. Bantu ciptakan kebiasaan makan sehat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kebiasaan makan yang sehat sejak dini, termasuk makan seafood dan ikan bisa membantu menciptakan kebiasaan yang baik di kemudian hari. Pedoman Diet mengatakan anak-anak harus makan dua porsi seafood setiap minggu dalam porsi yang sesuai dengan usia dan kebutuhan kalori.

3 Manfaat Seafood untuk Tumbuh Kembang Anak

Bunda, simak juga olahan seafood dalam resep sup krim daging kepiting jagung di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi