sign up SIGN UP search


parenting

Belum Jelaskan soal Bipolar ke Anak, Marshanda Lakukan Ini Saat Kambuh

Annisa A Minggu, 31 Oct 2021 10:10 WIB
Marshanda dan Sienna Marshanda dan Sienna / Foto: Instagram @marshanda99
Jakarta -

Aktris Marshanda selama ini berjuang untuk mengatasi masalah bipolar yang dialaminya. Meski begitu, ia mengaku belum pernah memberi tahu soal gangguan mental tersebut kepada sang putri, Sienna.

Sienna Ameerah Kasyafani kini tengah berusia 8 tahun. Namun, Marshanda merasa bahwa ia masih harus menunggu beberapa tahun lagi agar sang putri mampu mencerna kondisi yang dialami oleh Ibunda.

"Itu aku belum bisa mengkomunikasikan secara detail, karena dia masih 8 tahun. Tapi mungkin kita tunggu beberapa tahun lagi sampai bisa benar-benar bisa menjelaskan bipolar itu apa," kata Marshanda, dikutip dari kanal YouTube Maia Aleldul TV.


Meski belum mengerti soal gangguan bipolar yang diderita oleh sang Bunda, putri Marshanda dan Ben Kasyafani itu sudah bisa memahami kondisi Ibunda ketika sedang kambuh.

Marshanda menjelaskan, gangguan bipolar membuatnya bisa mengalami perubahan mood secara drastis. Ada dua kondisi yang kerap dialami oleh penderita bipolar secara bergantian, yaitu manik atau mania (sangat senang) dan depresif (sangat terpuruk).

Banner Cara Atasi WC mampet

Ketika sedang kambuh dan jatuh ke fase depresif, Marshanda selalu menerapkan 'Quiet Time' sebagai upaya untuk menenangkan diri dan meredam emosi. Hal itu dilakukan agar dia tidak melampiaskan kemarahan ke putrinya.

"Dia lihat kan aku ini seperti apa. Misalnya kalau aku lagi merasa overwhelmed, aku bilang ke dia, 'Ibu mau quiet time dulu ya di mobil. Sienna sama ibu, tapi enggak ngobrol.' Jadi aku enggak melampiaskannya ke dia, enggak marah-marah dan bersikap rude ke Sienna," tuturnya.

Saat ini Marshanda tengah mempelajari tanda-tanda ketika kondisi bipolar mulai kambuh. Dengan begitu, ia bisa mempersiapkan diri untuk melakukan quiet time dan tidak melukai hati sang putri.

Kebiasaan itu membuat Sienna dapat memahami kondisi sang Bunda. Bocah kelahiran 2013 itu mengerti bahwa setiap manusia memiliki kondisi yang berbeda-beda dan mampu mengontrol emosi mereka ketika sudah menumpuk.

"Jadi Sienna bisa belajar kalau orang lagi tidak nyaman, ternyata mereka bisa ya me-manage kondisi mereka," ujar bintang sinetron Bidadari.

"Malah dia suka jadi begini. 'Ibu masa ada orang tiba-tiba marah sama aku she's so rude, jangan-jangan dia belom spend her quiet time hari ini.' Dia mengerti itu," sambungnya.

Cara Marshanda menangani masalah bipolarnya sudah dilakukan sejak Sienna masih bayi lho. Ia bahkan harus menelan pahit dan memilih berpisah dengan Sienna ketika masih bayi. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tips mengajarkan anak untuk meredam emosi.

[Gambas:Video Haibunda]

BERPISAH SAAT MASIH BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!