sign up SIGN UP search


parenting

5 Pilihan Minuman Sehat & Bernutrisi untuk Anak, Bantu Penuhi Cairan Tubuh

Annisa Karnesyia Minggu, 25 Apr 2021 11:35 WIB
Toddler enjoying Fruit Shake Smoothie caption
Jakarta -

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak penting untuk tumbuh kembangnya, Bunda. Selain makanan, kita bisa memenuhinya dari minuman.

Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, cairan penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Bunda perlu menawarkan minuman pada anak setiap hari ya. Tolak ukur pemenuhan cairan tubuh dapat dilihat dari seberapa sering anak buang air kecil.


Ada banyak pilihan minuman yang bisa diberikan ke si Kecil setiap hari. Namun, tak semua minuman ini sehat dan bernutrisi untuk mereka.

Banner tanaman hias pembawa hoki.

Nah, dilansir Healthline, berikut 5 pilihan minuman sehat dan bernutrisi untuk anak yang bisa bantu penuh kebutuhan cairannya:

1. Air putih

Air putih sangat penting untuk memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan anak, Bunda. Air diperlukan untuk proses vital di tubuh anak, termasuk mengatur suhu tubuh dan fungsi organ.

Terkait dengan berat badan, anak-anak memiliki kebutuhan air yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Dalam Journal of Pediatric Pharmacology and Therapeutics disebutkan bahwa hal ini disebabkan karena tubuh anak masih tumbuh dan tingkat metabolismenya masih tinggi.

"Konsumsi air yang cukup juga dikaitkan dengan berat badan ideal, penurunan risiko gigi berlubang, dan peningkatan fungsi otak pada anak-anak. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi yang berpotensi menurunkan fungsi otak, menyebabkan sembelit, dan kelelahan," kata ahli diet Jillian Kubala, MS, RD.

2. Air kelapa

Meski mengandung gula dan kalori, air kepala termasuk dalam minuman menyehatkan untuk anak. Air kelapa kaya akan nutrisi dan elektrolit yang bisa mengembalikan tenaga yang habis terbuang karena aktivitas fisik.

"Air kelapa menyediakan sejumlah nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, magnesium, dan kalium. Semuanya penting untuk anak-anak," ujar Kubala.

Konsumsi air kelapa juga baik untuk kesehatan karena bisa menggantikan cairan tubuh. Air kelapa bahkan bisa menghidrasi anak yang sakit diare atau muntah.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga nutrisi anak yang susah makan menurut dokter, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SMOOTHIES DAN SUSU TANPA PEMANIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi