sign up SIGN UP search


parenting

Selain Air Putih, Minuman Ini Dianjurkan untuk Bayi hingga Balita

Melly Febrida Senin, 25 May 2020 10:52 WIB
Happy little child, blonde curly toddler girl, enjoying healthy breakfast eating oatmeal porridge and drinking milk sitting in high chair at bright sunny kitchen next to big garden view window caption
Jakarta -

Anak-anak paling suka minum-minuman yang manis. Apalagi di pasaran banyak jenis minuman yang diperuntukkan anak-anak tapi tak bergizi. Padahal, minuman yang dikonsumsi anak-anak bisa berdampak pada kesehatannya di masa depan.

Karen Ensle Ed.D., RD, FADA, CFCS, Family & Community Health Sciences Educator Rutgers Cooperative Extension of Union County, mengingatkan pentingnya memahami apa yang seharusnya anak-anak minum.

"Baru-baru ini, organisasi medis dan nutrisi terkemuka kami telah merekomendasikan ASI, susu formula, air, dan susu biasa sebagai minuman utama, dalam serangkaian rekomendasi minuman komprehensif baru untuk anak-anak. Rekomendasi ini ditetapkan berdasarkan usia (baru lahir hingga usia 5 tahun)," kata Ensle, dikutip dari New Jersey Agricultural Experiment Station Rutgers.


Tapi, Ensle juga mengatakan, para ahli gizi ingin orang dewasa dan anak-anak berhati-hati dengan minuman yang mengandung gula tambahan. Terlebih untuk anak-anak, harus menghindari susu aneka rasa misalnya cokelat atau stroberi, dan minuman manis berkadar gula dan rendah kalori.

"Banyak minuman yang ada di pasaran ditargetkan untuk anak-anak seperti susu formula, minuman berkafein, dan susu nabati atau non-susu seperti almond, beras, dan minuman gandum yang tidak memberikan nilai gizi yang unik," ujar Ensle.

Anak minum susuAnak minum susu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

Dan untuk membentuk kebiasaan sehat, Ensle menjelaskan, harus mulai dibentuk sejak usia dini, Bunda. Apalagi sejak anak dilahirkan, minuman jadi sumber kalori dan nutrisi yang signifikan.

"Keluarga layak mendapat panduan yang jelas dan konsisten, tentang apa yang harus diminum anak-anak mereka dan apa yang harus mereka hindari," kata Richard Besser, MD, Presiden dan CEO Robert Wood Johnson Foundation.

Karena itu, organisasi medis dan nutrisi terkemuka mendorong konsumsi minuman sehat bagi anak-anak. Mereka adalah Akademi Nutrisi dan Diet, Akademi Pediatrik Kedokteran Gigi Amerika, Akademi Pediatri Pediatrik Amerika dan Asosiasi Jantung Amerika. Mereka semua merekomendasikan ASI, susu formula bayi, air putih, dan susu biasa untuk bayi dan anak-anak.

"Jaga kesehatan keluarga Anda dan berikan contoh yang baik dengan mempromosikan, membeli, dan minum minuman sehat. Ambil langkah-langkah kecil ini untuk meningkatkan kesehatan diri Anda dan keluarga Anda," kata Besser.

Melansir dari CNN, penelitian menunjukkan, anak-anak yang jarang minumĀ air putih lebih sering mengkonsumsi minuman manis dalam satu hari. Namun, penelitian ini belum menunjukkan banyaknya air yang diperlukan untuk mencegah anak minum minuman manis.

Menurut ahli diet dan pediatri dari California, Dr.Natalie Muth, hasil penelitian tidak dapat menemukan penyebab dan efek keduanya.

"Anak-anak yang minum air putih mungkin memiliki orang tua yang peduli kesehatan, atau anak yang tidak suka minum air putih tidak memiliki akses air yang baik," ujar Muth.

Untuk orang tua yang mau mengubah kebiasaan sehat anak, Muth merekomendasikan anak untuk selalu minum air putih atau mengakalinya. Anak-anak bisa mendapatkan asupan cairan dari berbagai sumber selain air putih.

Bunda, simak juga 2 jenis kekurangan energi protein pada anak, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!