sign up SIGN UP search


parenting

5 Trik Aman Memotong Kuku Bayi Tanpa Membuatnya Menangis

Siti Hafadzoh Minggu, 29 Dec 2019 18:20 WIB
Kuku bayi harus dipotong ketika sudah panjang agar tak melukai dirinya sendiri. Apakah Bunda masih takut memotong kukunya? Ikuti tips berikut ini yuk, Bun. caption
Jakarta - Kebersihan tubuh bayi perlu sangat diperhatikan lho. Salah satunya adalah kuku. Bunda perlu memotong kuku bayi ketika sudah terlalu panjang.

Memotong kuku bayi merupakan hal yang penting untuk menjaga kebersihan. Selain itu, memotong kuku juga dilakukan supaya bayi tidak menggores kulitnya.


"Memotong kuku bayi untuk menjaga kuku tetap bersih dan membantu menghindari goresan yang tidak disengaja," kata dokter anak Dane Snyder, MD, dikutip dari The Bump.


Memotong kuku bayi mungkin sedikit menakutkan bagi beberapa ibu baru. Dikutip dari Healthy Women, berikut tips aman memotong kuku bayi yang bisa Bunda lakukan.

1. Gunakan gunting kuku bayi

Gunting kuku bayi berbentuk sama seperti gunting kuku pada umumnya, Bun. Untuk menggunting kuku bayi, ada caranya tersendiri lho.

Tekan dengan lembut ujung jari dari kuku. Ini dilakukan guna memberikan ruang untuk gunting kuku. Gunting sedikit di atas garis putih kuku supaya mencegah jari bayi terluka.

2. Gunting kuku ketika bayi tidur

Tunggu sampai bayi tertidur pulas untuk memotong kukunya. Ketika bayi tidur pulas, dia tidak akan banyak bergerak.

5 Trik Aman Memotong Kuku Bayi Tanpa Membuatnya MenangisIlustrasi memotong kuku bayi/ Foto: iStock

3. Pastikan bayi rileks

Memotong kuku bayi baru lahir membutuhkan kewaspadaan yang lebih. Bayi pasti mengepalkan jari mereka. Ini akan membuat potong kuku lebih sulit. Jadi, pastikan memotong kuku ketika bayi sedang rileks.

Waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi adalah setelah dia mandi. Bayi akan lebih santai dan kukunya lebih lunak setelah mandi.

Kalau bayi tegang dan rewel, biarkan dia istirahat dulu supaya tenang. Bunda juga bisa bersenandung untuk membantunya lebih tenang.

4. Minta tolong

Kalau ragu melakukannya, lebih baik meminta bantuan orang tua atau orang yang lebih berpengalaman. Bunda bisa memerhatikan bagaimana cara memotong kuku bayi.

Jika memutuskan untuk melakukannya sendiri, minta tolong kepada suami atau saudara untuk menggendong si kecil. Ini akan menjaganya untuk tidak terlalu banyak bergerak.


5. Gunakan sarung tangan

Ketika kuku bayi terlalu panjang dan Bunda belum sempat memotongnya, pakaikan sarung tangan. Cara ini akan mencegah goresan, terutama saat bayi tidur.

Kebiasaan menggigit kuku bisa berdampak buruk lho untuk kesehatan. Lihat penjelasannya di video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]


(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi