parenting

Selalu Ingat Putri Diana, Pangeran Harry Sulit Menerima Camilla Sebagai Ibu

Muhayati Faridatun Kamis, 26 Dec 2019 09:00 WIB
Selalu Ingat Putri Diana, Pangeran Harry Sulit Menerima Camilla Sebagai Ibu
Jakarta - Sulit bagi Pangeran Harry untuk melepas kepergian ibunda tercinta, Putri Diana, untuk selama-lamanya. Bukan perkara mudah juga ketika dia harus menerima kehadiran Camilla Parker-Bowles, kekasih lama sang ayah, Pangeran Charles.

Seperti Bunda tahu, Putri Diana dinyatakan meninggal dunia pada 31 Agustus 1997, setelah mengalami kecelakaan mobil di Paris, Prancis, pada malam sebelumnya. Sehari sebelum peristiwa tragis itu, Princess of Wales sempat bicara dengan kedua putranya, Pangeran Harry dan Pangeran William via telepon.


Dalam film dokumenter di HBO, Diana Our Mother: Her Life and Legacy, diceritakan kalau Harry dan William ketika itu sedang berlibur di Balmoral, Skotlandia. Percakapan di telepon berlangsung singkat karena kedua putra Diana ingin segera bermain dengan sepupu-sepupunya.


Inilah salah satu penyesalan yang sangat mendalam bagi Harry, yang ketika itu belum genap 13 tahun, juga William yang berusia 15 tahun. Produser film dokumenter tersebut, Ashley Gething, mengungkap apa yang dikatakan Harry padanya.

"Pangeran Harry mengatakan, percakapan itu akan menghantuinya seumur hidup," kata Gething pada Inside Edition.

Harry pun butuh waktu lama untuk menerima kematian Putri Diana. Dikutip dari Express, suami Meghan Markle ini bahkan baru dua tahun belakangan menyadari kalau dia harus menghapus kesedihan. Tapi, bukan berarti melupakan mendiang ibunya.

Dalam film Harry: In Conservation with the Prince karya Angela Levin, yang dirilis pada 2018, diungkapkan kalau Harry dilanda kesedihan karena kehilangan Putri Diana dan terperangkap dalam kehidupan Kerajaan Inggris.

"Dia sangat membutuhkan seseorang untuk diajak bicara tentang hal ini, tapi sulit menemukan orang yang secara emosional bisa dia andalkan," ujar Levin.

Camilla Parker-Bowles dan Pangeran CharlesCamilla Parker-Bowles dan Pangeran Charles/ Foto: Getty Images
Kehadiran Camilla

Putri Diana meninggal satu tahun setelah resmi bercerai dari Pangeran Charles. Namun, saat berduka karena kehilangan ibunda tercinta, Harry juga dihadapkan dengan kehadiran kekasih lama sang ayah, Camilla Rosemary Shand, atau lebih dikenal sebagai Camilla Parker-Bowles.

Levin mengatakan, setelah bercerai dari Putri Diana, Pangeran Charles telah memiliki kehidupan baru yang bahagia dengan Camilla. Hanya saja, Harry belum bisa sepenuhnya menerima Camilla sebagai pengganti mendiang ibunya.

"Harry senang padanya (Camilla), tapi bagaimana dia bisa mencurahkan isi hatinya tentang betapa dia merindukan ibunya, ingin merasakan kedamaian dalam pelukan ibunya, sedangkan dia tahu betapa hancur ibunya dengan kehadiran Camilla," tutur Levin.


Ya, Pangeran Charles dan Camilla menjalin kasih pertama kali pada awal 1970-an. Charles bahkan sempat berencana menikahi wanita yang berusia satu tahun lebih tua darinya itu.

Namun ketika Charles meninggalkan Inggris untuk tur kelautan, Camilla justru menikah dengan Andrew Parker-Bowles pada 1973. Memang, hubungan Charles dengan Camilla dikabarkan tidak disetujui pihak Kerajaan karena Camilla bukan keturunan bangsawan.

Hingga akhirnya pada 1977, Charles bertemu Diana. Mereka pun menikah dalam balutan kemegahan The Royal Wedding pada 29 Juli 1981. Namun tak disangka, di tengah perjalanan rumah tangga mereka, Charles menjalin hubungan lagi dengan Camilla.

Lalu pada 1989, Diana memberanikan diri melabrak Camilla. Ketika itu, Diana datang ke acara pesta ulang tahun adik Camilla, Annabel Elliot, di Richmond.

"Aku menginginkan suamiku," pinta Diana pada Camilla ketika itu, dilansir Express dari buku biografi Diana: Her True Story, yang ditulis Andrew Morton pada 1992.

Momen itu rupanya tak membuat hubungan Diana dan Charles membaik. Mereka pun memutuskan berpisah pada 1992 dan resmi bercerai empat tahun kemudian. Sementara Charles akhirnya menikah dengan Camilla pada 2005.



Bunda, simak juga tips Oka Antara dan istri membesarkan tiga anak tanpa bantuan pengasuh, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi