sign up SIGN UP search


parenting

7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Anak, Amankah Dikonsumsi Bayi?

Yuni Ayu Amida Kamis, 16 Jan 2020 20:15 WIB
Ternyata lemon banyak manfaatnya untuk anak, Bunda. Antara lain menghidrasi tubuh, mengontrol diare, sampai meningkatkan kekebalan tubuh. Simak penjelasannya. caption
Jakarta - Meskipun asam, ternyata lemon mengandung banyak manfaat untuk si kecil lho, Bunda. Walaupun kadang banyak orang tua khawatir apakah lemon aman dikonsumsi bayi.

Lemon mengandung asam yang disebut asam sitrat, dan ini kadang-kadang bisa menyulitkan sistem pencernaan bayi. Itulah alasan sebaiknya kita memperkenalkan buah lemon pada anak setelah berusia satu tahun, atau minimal 10 bulan, untuk bisa melihat apakah dia sensitif terhadap lemon.


Disamping itu, menurut ahli diet dan instruktur ilmu biomedis di Missouri State University, Natalie Allen, buah lemon berlimpah vitamin C dan antioksidan yang kuat. Vitamin C penting untuk berbagai alasan, terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mempertahankan diri melawan pilek dan flu.


"Ini juga membantu sintesis kolagen, sehingga membuat kulit sehat dan membantu jaringan regenerasi setelah cedera," jelas Allen, dilansir Fatherly.

Bunda, berikut ini 7 manfaat baik buah lemon untuk kesehatan anak, yang HaiBunda rangkum dari Parenting Firstcry.

1. Menghidrasi tubuh

Kalau si kecil selalu merasa kehausan, mungkin tandanya ia kurang minum atau dehidrasi, Bunda. Nah, konsumsi jus lemon bisa jadi salah satu cara yang baik untuk menghidrasi tubuh si kecil. Hal ini karena lemon menyediakan vitamin dan mineral yang penting.

2. Mencegah penyakit kudis

Kudis adalah bentuk penyakit kulit dan mulut yang disebabkan karena kekurangan asam askorbat dalam makanan. Penyakit kudis ini bisa dihindari dengan mengonsumsi lemon. Caranya campurkan dua sendok makan air perasan lemon dalam segelas air, jangan lupa beri sedikit tambahan gula.

3. Memperbaiki masalah pencernaan

7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Anak, Amankah Dikonsumsi Bayi?7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Anak, Amankah Dikonsumsi Bayi? Foto: iStock


Jus lemon dapat mengurangi masalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Hal ini karena keasaman jus memiliki sifat anthelmintik yang dapat membunuh cacing usus. Bunda bisa berikan jus lemon jika si kecil mengalami dispepsia dan sembelit.

4. Mengatasi muntah

Muntah biasanya terjadi karena gangguan pencernaan kronis, refluks lambung, dan gangguan saraf. Jika si kecil muntah, Bunda bisa berikan setengah sendok teh jus lemon yang sudah dicampur satu sendok madu. Namun pastikan, anak usia satu tahun lebih yang boleh mengonsumsi ini ya.

5. Mengobati tonsilitis

Tonsilitis merupakan pembengkakan pada amandel. Nah, salah satu cara mengobati tonsilitis bisa dengan menggunakan jus lemon. Bunda bisa berikan pada si kecil segelas air hangat yang sudah dicampurkan 1 - 2 sendok teh jus lemon dan sedikit tambahan madu.

6. Mengontrol diare

Diare umum terjadi pada anak. Pertolongan pertama yang bisa Bunda lakukan saat si kecil diare adalah dengan mengembalikan cairan tubuhnya yang berkurang. Bunda bisa mengatasinya dengan memberinya segelas air dengan satu sendok makan jus lemon, tambahkan pula sedikit garam dan gula ya.

7. Meningkatkan kekebalan

Sistem kekebalan tubuh anak kadang tidak berkembang, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit. Ini dapat dihindari dengan mengonsumsi jus lemon secara teratur karena Vitamin C dalam lemon memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka.


Simak juga ramuan alami atasi perut kembung dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi