sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini 5 Kriteria Suplemen Vitamin yang Lengkapi Nutrisi Anak

Meita Fajriana Rabu, 17 Nov 2021 17:37 WIB
ilustrasi minum obat Ilustrasi anak minum vitamin/Foto: iStock

Jakarta - Walaupun sumber utama nutrisi Si Kecil pastinya dari makanan yang bergizi, sehat, dan seimbang, banyak Bunda yang juga memberikan vitamin anak atau suplemen yang bersifat sebagai pelengkap. 

Hal tersebut biasanya didasari kekhawatiran Bunda yang menganggap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi Si Kecil belumlah mencukupi. Sebenarnya hal itu tak mengapa kok, tapi ada baiknya Bunda juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan vitamin anak. 

Melansir dari laman VeryWellFamily, menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak sehat yang makan makanan seimbang umumnya tidak memerlukan suplementasi vitamin, kecuali vitamin D pada bayi dan balita jika mereka tidak memenuhi nilai harian yang direkomendasikan melalui makanan minuman.


Namun, banyak orang tua memilih untuk memberi anak-anak mereka suplemen multivitamin dan mineral untuk memastikan kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi, untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan untuk mengurangi risiko penyakit Bunda. 

Terlebih ketika anak terlihat memiliki gangguan makan seperti pemilih makanan (picky eater), yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas suplementasi ya Bunda. Anak-anak yang vegetarian atau vegan, memiliki kondisi malabsorpsi, atau memiliki kebiasaan yang sangat pilih-pilih mungkin memerlukan suplementasi.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Kini memang banyak tersedia produk vitamin dan mineral berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan anak Bunda. Saat anak-anak tumbuh, penting bagi mereka untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral untuk memastikan kesehatan yang optimal.

Sebagian besar anak bisa mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang cukup dari menu makanan seimbang, tetapi dalam keadaan tertentu, anak-anak mungkin perlu melengkapi dengan vitamin atau mineral Bunda.

"Jika anak Anda tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik atau pemilih makanan, mereka mungkin disarankan untuk mengonsumsi vitamin," kata Kathy W Warwick ahli gizi dan nutrisi anak dikutip dari laman Healthline, Senin (15/11). 

Lalu faktor apa saja yang harus menjadi pertimbangan Bunda dalam memilih jenis vitamin untuk anak? Klik halaman selanjutnya ya.

Simak pula video tentang buah naga yang kaya akan vitamin super untuk anak di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMILIH VITAMIN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!