parenting

Pengaruh Pemberian Lemon dan Ruam Popok pada Balita

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 02 Sep 2019 13:40 WIB
Pengaruh Pemberian Lemon dan Ruam Popok pada Balita
Jakarta - Lemon dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C, sehingga baik dijadikan asupan harian. Tetapi kalau lemon diberikan pada bayi bagaimana ya? Aman enggak ?

Lemon diketahui memiliki rasa yang sangat asam dan dapat memperburuk gastroesophageal reflux atau GER. Sehingga, ada baiknya menghindari untuk memberikan lemon pada bayi. Bahkan jika bayi tidak memiliki riwayat GER, seperti dikutip dari laman Live Strong.

"Asam ini dapat menyebabkan sakit perut dan menyebabkan ruam popok. Makanan asam seperti halnya jeruk, juga diketahui dapat menyebabkan ruam popok," kata Dr Lauren Feder, M.D, penulis Natural Baby and Childcare.


Melansir Cani Give My Baby, lemon memang kaya dengan vitamin dan nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi. Tetapi, lemon juga kaya akan rasa asam dan rasa tersebut tidak akan menyenangkan bagi bayi kecil Bunda.

Pengaruh Pemberian Lemon dan Ruam Popok pada BalitaBahaya lemon untuk bayi/ Foto: iStock

Asam yang ditemukan dalam makanan jeruk dikenal sebagai asam sitrat. Asam ini bisa sangat keras pada sistem pencernaan bayi dan dapat menyebabkan anak Bunda mengalami ruam. Jika bayi sangatlah sensitif terhadap makanan baru, hal terbaik ialah menunda memasukkan lemon ke dalam makanan mereka sampai setelah ulang tahun pertamanya.

Oh ya, Bun, guna menghindari risiko alergi, perkenalkan satu makanan pada satu waktu sehingga mudah mengidentifikasi sensitivitas atau alergi makanan. Seperti halnya ketika Bunda ingin mengenalkan jeruk pada bayi Bunda, tawarkan sedikit jus encer terlebih dulu dan bertahap dengan potongan jeruk.

Semoga membantu, Bun.

Simak juga meracik obat rumahan yang alami untuk atasi batuk anak!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi