sign up SIGN UP search


parenting

8 Manfaat Kurma untuk Bayi, Atasi Sembelit hingga Demam

Annisa Karnesyia Senin, 04 Jan 2021 08:09 WIB
Buah Kurma caption
Jakarta -

Khasiat buah kurma memang sudah tak diragukan lagi ya, Bunda. Kurma dikenal sebagai salah satu makanan bernutrisi dan baik untuk kesehatan.

Tak cuma orang dewasa, bayi juga diperbolehkan makan kurma. Syaratnya, bayi tersebut sudah mulai mengonsumsi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

"Ibu dapat memperkenalkan kurma ketika bayi berusia 6 bulan atau segera setelah diberikan makanan setengah padat. Kurma sebaiknya dikenalkan secara perlahan dengan bantuk halus atau puree," kata ahli nutrisi klinis, Swati Patwal, M.Sc., dilansir Mom Junction.


Kurma mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Oleh American Heart Association, kurma diakui sebagai makanan yang sehat untuk jantung karena rendah kolesterol dan lemak.

Kurma juga mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, Bunda. Contohnya, dalam 100 gram kurma medjool mengandung vitamin B9, B3, B6, B2, dan B1. Selain itu, ada kandungan vitamin A, K, zat besi, magnesium, fosfor, dan zinc (seng).

"Setiap satu buah kurma utuh menawarkan nilai gizi untuk bayi, yakni mengandung kalori, serat, zat besi, kalsium, kalium, vitamin A, folat, dan sejumlah kecil niasin," ujar Patwal.

Lalu apa saja manfaat kurma bagi bayi? Mengutip Parenting Firstcry, berikut 8 manfaat kurma untuk anak:

1. Perkembangan otak

Kurma mengandung kalium yang baik untuk tumbuh kembang otak anak. Pemenuhan nutrisi kalium dapat membantu perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan.

2. Mengatasi sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam kurma bisa meningkatkan penyerapan air. Pada akhirnya, ini membantu mengatasi sembelit dan melancarkan bayi untuk buang air besar.

3. Meringankan gejala demam

Demam sering menyerang anak-anak, Bunda. Nah, memberi di kecil kurma ternyata bisa meringankan gejala demam, terutama saat terjadi diare.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiBanner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

Simak juga penjelasan dokter tentang nutrisi anak susah makan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Manfaat Kurma untuk Bayi, Atasi Sembelit hingga Demam
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi