sign up SIGN UP search


parenting

Mandi Hujan Tak Cuma Menyenangkan buat Anak-anak, Ini 5 Manfaatnya

Muhayati Faridatun Minggu, 12 Jan 2020 17:00 WIB
Sebagian Bunda mungkin khawatir kalau anak-anak bermain hujan-hujanan atau mandi hujan. Tapi tahukah, Bunda, mandi hujan ternyata banyak manfaatnya. Simak yuk! caption
Jakarta - Bermain di bawah guyuran hujan atau mandi hujan tentu sesuatu yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Tapi, sebagian Bunda mungkin khawatir kalau si kecil mandi hujan nanti masuk angin, atau bakal batuk pilek.

Ya, kalau musim hujan gini, jadi ingat orang tua Bubun yang selalu melarang anak-anaknya mandi hujan. Padahal, teman-teman banyak yang mandi hujan mondar-mandir di depan rumah. Bubun kecil cuma bisa memandangi mereka dari balik jendela.


Seingat Bubun, cuma sekali Ayah membolehkan kami mandi hujan waktu Jakarta diguyur hujan es. Suara bongkahan es yang ramai jatuh di atap rumah bikin kami penasaran. Saat Ayah mengizinkan kami mandi hujan bersama teman-teman, wah senangnya bukan main.


"Kesempatan langka nih! Tumben banget Ayah kasih izin kita mandi hujan," kata Bubun ketika itu.

Dikutip dari Very Well Family, hari hujan bukan berarti waktunya mengurung anak-anak di dalam rumah. Aktivitas di luar saat hujan justru bisa sangat menyenangkan bagi si kecil. Terlebih anak berusia antara 3 dan 5 tahun, Bunda.

"Anak berusia antara 3 dan 5 tahun perlu bergerak sepanjang hari untuk membantu mengembangkan pertumbuhan, fungsi motorik, dan keterampilan kognitif," demikian dijelaskan dalam ulasan berjudul Fun Game Ideas for Rainy Day Play tersebut.

Sementara mengutip Amsleeinstitute, sistem kekebalan anak yang sehat akan melindungi mereka dari pilek, dan manfaat kesehatan dari aktivitas dan olahraga biasanya lebih besar daripada risiko sakit.

Ilustrasi anak-anak mandi hujanIlustrasi anak-anak mandi hujan/ Foto: iStock
Berikut lima manfaat anak-anak bermain di luar, baik saat cuaca serah ataupun di bawah guyuran hujan:

1. Aktif secara fisik

Bermain di luar rumah mendorong anak-anak untuk aktif secara fisik, sehingga mencegah mereka kelebihan berat badan dan mengidap masalah kesehatan yang terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit jantung.

2. Latih motorik kasar

Permainan di luar ruangan seringkali melibatkan penggunaan keterampilan motorik kasar anak. Seperti berlari, melompat, dan memanjat. Ini bermanfaat melatih kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi yang lebih baik, serta membuat anak jarang sakit.

3. Tingkatkan imajinasi

Saat bermain di luar ruangan, anak-anak lebih cenderung menggunakan imajinasi mereka selama permainan. Dengan sering bermain di luar rumah, terlebih bersama teman-teman, akan meningkatkan keterampilan dalam berinteraksi dengan anak-anak lain.

4. Sadar lingkungan

Berada di alam terbuka atau bermain di luar ruangan akan membantu anak-anak lebih sadar akan lingkungan. Ini juga bisa meningkatkan keterampilan penalaran dan observasi, yang bisa membantu perkembangan anak.

5. Kekebalan tubuh dan tulang kuat

Saat cuaca cerah, bermain di luar rumah bisa meningkatkan kandungan vitamin D dalam tubuh anak, bahkan saat hari berawan. Diketahui, vitamin D dikaitkan dengan perkembangan tulang yang kuat. Penelitian juga menunjukkan, vitamin D adalah salah satu faktor penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.


Bunda, simak juga tips mengenalkan berbagai hewan pada anak ala Fairuz A. Rafiq, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi