sign up SIGN UP search


parenting

Gejala Penyakit Gondongan pada Anak yang Wajib Bunda Tahu

Radian Nyi Sukmasari Senin, 20 Jan 2020 17:43 WIB
Bunda pasti tahu penyakit gpndongan yang umum dialami anak-anak? Agar gondongan tak makin parah, ada baiknya Bunda mengetahui gejalanya. caption
Jakarta - Gondongan, penyakit akibat virus yang menimbulkan benjolan di leher. Agar gondongan tak makin parah, ada baiknya Bunda dan Ayah mengetahui gejalanya apa aja supaya bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Raluca Papadol, MD, menjelaskan gondongan adalah penyakit akibat virus. Virus ini bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh, terutama kelenjar parotitis yang menghasilkan liur di mulut. Kemudian, ada di pipi, telinga, dan mata.


"Virus itu bisa membuat kelenjar pituari bengkak bahkan nyeri," kata Papadol mengutip Kidshealth.

Umumnya, gondongan dialami anak usia lima hingga 14 tahun. Tapi, biasanya setelah sudah kena gondongan sekali, seseorang enggak akan kena lagi, Bun. Sebab, ketahanan tubuhnya sudah membuat imunitas sendiri terhadap virus penyebab gondongan.

Kata Papadol, meski jarang pada beberapa kasus gondongan bisa memicu enchephalitis atau meningitis. Pasien gondongan biasanya akan diminta meningkatkan daya tahan tubuh atau diberi obat pereda keluhan.

"Gondongan amat menular bahkan bila hanya tertawa, bicara, bersin, atau batuk. Untuk pencegahan, jangan lupa lakukan vaksinasi MMR (Measles, Mumps, Rubella)," ujar Papadol.

ilustrasi gondonganilustrasi gondongan/ Foto: Thinkstock

Dilansir Mayo Clinic, berikut beberapa gejala gondongan pada anak:

1. Nyeri dan pembengkakan pada satu atau dua kelenjar saliva
2. Sakit saat mengunyah
3. Demam
4. Nyeri otot
5. Sakit kepala
6. Hilang nafsu makan
7. Kecapekan


"Segera cek ke dokter kalau ibu curiga anak mengalami gondongan. Minta anak istirahat sebanyak mungkin dan penuhi asupan gizinya supaya meningkatkan daya tahan tubuh. Jika perlu beri si kecil pain killer seperti ibuprofen atau acitaminophen," demikian disampaikan Mayo Clinic.

Penyebab gondongan adalah virus yang menyebar dari satu orang ke orang lain. Komplikasi dari gondongan antara lain orchitis atau testis bengkak pada remaja, gangguan pankreas, ada jaringan di daerah otak atau tulang belakang, dan gangguan di otak.

Setelah menyimak mengenai gondongan, lihat dalam video ini mengenai beberapa penyakit yang ditularkan ke manusia lewat medium air. Catat dan jaga keluarga baik-baik ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!