Sign Up search


parenting

7 Kebiasaan Simpel Orang Tua yang Bantu Anak Lahap Makan

Siti Hafadzoh Rabu, 05 Feb 2020 16:51 WIB
7 Kebiasaan Simpel Orang Tua yang Bantu Anak Lahap Makan caption
Jakarta - Mengajak anak mau makan menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian orang tua. Anak-anak terkadang sangat sulit untuk disuruh makan ya, Bun. Padahal, Bunda dan Ayah pasti ingin anak makan dengan lahap.

Sebenarnya, orang tua bisa menerapkan beberapa kebiasaan sejak dini supaya anak makan lahap. Jadi, Bunda enggak perlu sampai marah-marah karena anak tidak mau makan. Anak akan makan lahap dengan sendirinya.


Bagaimana ya caranya supaya anak makan lahap? Berikut HaiBunda rangkum 7 tips supaya anak makan lahap.


1. Makan bersama

Bunda dan Ayah perlu mengajak anak untuk makan bersama-sama. Dengan makan bersama, anak dan orang tua akan saling bertukar cerita. Bunda juga bisa sambil menjelaskan tentang nutrisi yang ada di makanan.

Anak-anak yang makan bersama keluarga tiga kali atau lebih setiap minggu, cenderung memiliki berat badan yang sehat. Mereka juga memiliki pola makan yang seimbang.

Tidak hanya itu, ternyata makan bersama juga dapat meningkatkan asupan makanan pada anak lho. Ketika anak beranjak besar, mereka akan lebih banyak makan buah dan sayur.

2. Ajak anak menyiapkan makanan

Kalau anak terlibat dalam memasak atau menyiapkan makanan, mereka akan lebih tertarik dengan makanan tersebut. Ini karena mereka sendiri yang membuatnya.

Caranya mungkin dengan mengajak anak memilih bahan makanan di pasar. Jika anak sudah cukup besar, Bunda bisa meminta mereka mereka untuk mencuci sayur.

3. Buatkan makanan yang sama untuk satu keluarga

Bunda mungkin membuat beberapa menu untuk dimakan bersama keluarga. Biarkan anak memilih makanan yang tersedia di meja makan.

Tapi, kalau anak tidak suka makanan yang ada di atas meja, jangan buatkan mereka makanan yang berbeda ya, Bun. Dengan begini, anak jadi belajar untuk makan apa yang tersedia dan tidak pilih-pilih makanan.

7 Kebiasaan Simpel Orang Tua yang Bantu Anak Lahap MakanIlustrasi anak makan lahap/ Foto: iStock
4. Kreasikan makanan

Untuk menarik minat anak terhadap makanan, mengkreasikan makanan bisa menjadi solusinya. Misalnya, memotong roti menjadi bentuk hati atau nasi yang dibentuk seperti karakter kartun.

Bentuk makanan yang menarik akan membuat anak mau mencoba makanan tersebut. Sehingga, lebih banyak variasi makanan yang diasup anak.

5. Buat suasana menyenangkan ketika makan

Buat waktu makan menjadi menyenangkan. Jangan memaksa anak dengan keras untuk makan. Apalagi sampai memaksa memasukkan makanan ke mulut anak. Ini malah akan membuat mereka memuntahkan makanannya dan menimbulkan trauma.

"Agar dia lahap, jangan lupa jadikan proses makan itu proses yang menyenangkan," kata dokter anak, dr Sandra Darmawan, SpA.

6. Hindari TV dan gadget

Menonton TV atau bermain gadget ketika makan, akan mengurangi konsentrasi anak terhadap makanan. Anak tidak akan belajar sensor lapar dan kenyang. Jadi, anak tidak tahu kapan mereka lapar dan kenyang.

"Terbiasa makan sambil main gadget juga bikin anak enggak fokus pas makan. Anak juga enggak belajar sensor kapan lapar dan kenyang," kata psikolog Anastasia Satriyo.


7. Beri contoh kepada anak

Anak-anak meniru apa yang orang tuanya lakukan. Jadi, kalau Bunda dan Ayah ingin anak makan lahap, harus memberi contoh juga ya.

Kalau orang tua terus menerus melakukan diet atau memiliki kebiasaan makan yang buruk, anak akan menirunya. Sebaiknya, orang tua memberi contoh makan ketika lapar supaya anak melakukan hal yang sama.

Bunda, ikuti resep bekal anak di video ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi