sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan dan Minum Susu

Yuni Ayu Amida Rabu, 12 Feb 2020 18:36 WIB
Anak satu tahun kadang memiliki pola makan yang tidak teratur. Ini salah satu penyebab mereka susah makan. Simak tips untuk mengatasinya. caption
Jakarta - Anak yang susah makan kerap membuat orang tua khawatir karena takut nutrisinya kurang. Begitu pula jika terjadi pada anak usia satu tahun. Lalu bagaimana cara mengatasi anak satu tahun susah makan?

Spesialis anak Joel Forman, MD, mengatakan, sebagian besar anak usia 1 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari, yang dapat dibagi antara tiga kali makan berat dan dua kali makan ringan, termasuk juga susu atau ASI. Di samping itu, anak usia satu tahun biasanya memiliki pola makan yang tidak teratur.


"Mereka mungkin makan satu ton kalori saat sarapan, makan sepanjang hari, dan kemudian tidak lapar saat makan malam. Keesokan harinya, mereka mungkin melakukan yang sebaliknya," ujar Forman, dilansir Very Well Family.


Meski begitu, Forman bilang, pola makan aneh ini adalah normal untuk balita. Orang tua tidak harus khawatir. Yang terpenting adalah orang tua tetap menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi si kecil.

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan dan Minum SusuCara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan dan Minum Susu /Foto: iStock


Berikut ini, beberapa tips yang bisa Bunda terapkan untuk mengatasi anak usia satu tahun yang susah makan dan minum susu, dilansir Healthy Children.

1. Sajikan dalam jumlah tepat

Sajikan menu makanan dalam jumlah yang sesuai porsi anak. Porsi yang sedikit akan lebih baik baik, karena porsi kecil memberi anak kesempatan untuk meminta lebih banyak.

2. Sabar

Tawarkan makanan baru satu per satu berkali-kali. Bunda mungkin harus menawarkan makanan 10 hingga 15 kali sebelum anak mencoba dan menerimanya.

3. Buat suasana menyenangkan

Bentuk makanan menjadi potongan yang unik agar terlihat menarik untuk anak. Perlihatkan makanan dengan bentuk yang kreatif di piringnya.

4. Jadilah contoh

Jika anak melihat kita makan berbagai makanan sehat dan rutin minum susu, ia akan cenderung mencobanya. Sebaliknya, jika anak melihat kita sendiri jarang makan, anak pun bisa tidak tertarik untuk makan maupun minum susu.

5. Jangan memaksa

Jangan pernah memaksa anak untuk makan makanan yang tidak disukainya. Sebaliknya, tawarkan banyak pilihan sehingga dia dapat memilih sesuatu yang dia sukai. (yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi